Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Membuat Website dengan Hosting dan Domain Gratis

Membuat Website dengan Hosting dan Domain Gratis

Melihat dan membaca judul artikel ini, pasti sahabat blogger sudah mengetahui jelas tentang apa yang saya maksudkan. Pada waktu dan kesempatan ini saya mencoba membuat tutorial tentang "Membuat Website dengan Hosting dan Domain Gratis". Mungkin sebelumnya kita sudah mengenal tentang plattfrom blogger.com maupun wordpress.com, dimana untuk membuat website atau blog kita tidak banyak bisa berkreasi karena kurangnya pemahaman tentang kode atau bahasa programer.

Template baku atau terformat yang disediakan oleh blogger maupun wordpress membuat kita tidak leluasa untuk berkarya dalam website tersebut. Nah kali ini tutorial yang akan saya bagikan berbeda dengan kedua plattform di atas. Walaupun gratis untuk hosting dan sub domain, tapi kita bisa dengan bebas membuat website sesuai dengan keinginan kita.

Suatu fakta yang lebih menarik lagi, sobat bisa membuat website tersebut hanya dengan handphone android saja. Plattform yang saya maksudkan bisa juga menggunakan domain sesuai dengan keinginan sobat, tapi harus di beli dulu. Jika sobat sudah mempunyainya silahkan ikuti petunjuk atau panduannya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut dibawah ini merupakan tutorial yang saya maksudkan.

1. Silahkan kunjungi link website KLIK SINI, sobat akan melihat tampilan seperti gambar berikut.

2. Masukkan sub domain sesuai keingingan sobat. Lihat contoh gambar berikut.

3. Setelah mengisi subdomain, silahkan kli PROCEED. Nanti akan di arahkan ke pendaftaran email dan password.

4. Masukkan email dan password sobat. Kemudian klik Create. Jika sukses maka tampilannya seperti gambar dibawah.


Jika sudah sampai pada tahap di atas, berarti sobat sudah memiliki hosting dan domain gratis pada akun tersebut. Sekarang tinggal bagaimana cara membuat websitenya. Tapi sebelum lanjut, sobat harus menguasai bahasa programer minimal HTML dan CSS terlebih dahulu.

Apabila sobat belum menguasainya, saya rekomendasikan melihat contoh-contoh website dengan kode programernya pada www.w3schools.com. Di web tersebut, sobat bisa banyak belajar tentang semua bahasa programer. Mereka juga banyak memberikan contoh penerapan kode programer tersebut.

Jika sobat sudah menguasai bahasa programer minimal html dan css, kita lanjut ke tutorial pembuatan website dengan Hosting dan domain gratis. Berikut lanjutan tutorial di atas, dimana sobat sudah mempunyai hosting dan subdomain gratis.

1. Silahkan login ke akun yang didaftarkan seperti contoh di atas. Untuk login KLIK DISINI.

2. Masukkan subdomain dan password yang sobat daftarkan.

3. Kemudian klik Login, maka akan masuk ke akun sobat seperti gambar berikut.


Gambar diatas merupakan akun sobat di web freewebhostingarea.com. Jika sobat buka alamat subdomain yang didaftarkan maka tampilannya hanya tulisan saja. Maka dari itu, kita harus mengeditnya pada hostingan yang sobat daftarkan dengan cara sebagai berikut :

1. Login kembali dengan subdomain dan password yang di daftarkan. Lihat contoh di bawah ini menggunakan https://sobatku.coolpage.biz/ftp/


2. Jika sobat berhasil login, maka seperti gambar berikut.


3. Nah pada tahap ini sobat sudah bisa melihat file website yang harus di edit dengan kode HTML dan css yang di pelajari sebelumnya.

4. Silahkan klik Edit file hostindex.html, untuk mengubah tampilan website yang sobat buat.

5. Maka sobat bisa membuat kode html HTM css dalam kolom yang di sediakan.


6. Jika sudah selesai membuat dan mengatur tampilan website dengan html dan css, silahkan sobat save dengan klik gambar simpan. Jika berhasil di simpan, maka tampilan website akan berubah sesuai kode html dan css yang sobat buat tadi. Lihat contoh web yang saya buat DEMO 1 dan DEMO 2.

7. Seperti file hostindex.html, silahkan sobat edit file yang lain sesuai keinginan.

Bagi pemula atau tidak mengenal bahasa programer mungkin mengalami kesulitan, tapi bagi yang mengerti atau sudah lama ngeblog pasti cepat mengerti dalam proses pembuatan website tersebut.

For more articles about how to be best Blogger Please KLIK HERE

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat untuk sobat pengunjung. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang mau ditanyakan sehubungan tutorial di atas, silahkan tinggalkan pesan dalam kolom komentar.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Membuat Website dengan Hosting dan Domain Gratis"