Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Tips Merawat Laptop

Tips Merawat Laptop

Tips Merawat Laptop


Tips Merawat Laptop

Hai saudara para pencinta laptop atau mungkin baru mempunyai laptop baru, biasanya kalau laptop baru, kita akan sangat berhati-hati dalam merawatnya, namun banyak dari kita kurang tahu cara merawat laptop agar awet dan tetap sehat tidak banyak yang tahu sehingga cepat rusak dan kerumah sakit ( Service ).

Dalam dunia laptop itu sendiri ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin melihat laptop anda awet, apapun merek laptop anda sebenarnya sama aja perawatanya, mau dia , Asus, Thosiba, Accer, Axio, Lenovo dan lain-lain, itu sama aja cara merawatnya hanya bedanya adalah space RAM dan kualitas aja.

Baiklah teman teman berikut ini kami bagikan Tips merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak.

  §  Matikan Laptop Sesuai Aturan

Malas dan ketiduran membuat kita lalai mematikan laptop sesuai aturan, hal ini akan berakibat buruk pada kesehatan laptop anda.
Hardware yang paling cepat rusak pada kasus ini adalah prosesor-nya, nah, jika sudah berurusan dengan prosesor itu ibarat hidup dan mati, karena prosesor adalah jantung dari pada laptop, ayokk masih berani malas mematikan laptop sesuai prosedur?

  §  Aktifkan System Restore

Sedia payung sebelum hujan adalah kata pepatah paling populer untuk point ini, lebih baik mencegah daripada mengobati,  artinya hal ini harus diterapkan di laptop sebelum laptop kita rusak.

System restore adalah system yang dapat digunakan untuk keamanan system, kita bisa memasang aplikasi yang kita beri ijin mengkostum konfigurasi system, dan ternyata konfigurasi yang dikostum oleh aplikasi ini akan mengalami ganguan. Biasanya akan muncul notif sehabis star up, atau paling bahaya bluescreen.

  §  Jangan Gunakan Internet Ketika hujan

Laptop adalah perangkat elektronik yang notaben dapat mengalirkan arus listrik, sama halnya dengan TV, mengunakan laptop ketika hujan sangat tidak dianjurkan.

Hal yang membahayakan adalah saat petir menyambar sekitar rumah, dan mengenai salah satu system di laptop, karena kekuatan petir memiliki berjuta volt. maka dari itu hindarilah mengunakan laptop ketika hujan.

  §  Jangan Sampai Bateri 0%

Pada poin ini, ternyata 5 dari 10 penguna laptop sering mengunakan laptop hingga mati total, hal ini bukan saja karena ketidaktahuan namun karena malas mencolok charger., tradisi itu jangan sampai ada pada anda bila ingin menjaga kesehatan laptop tetap terjaga.

  §  Hindari Anak Kecil

Anak kecil adalah hama bagi para penguna laptop, kenapa demikian, karena banyak laptop rusak yang disebabkan oleh kelakuan anak kecil, khususnya bagi bapak yang memilki anak kecil dirumah akan sangat mengangu aktifitas di depan laptop.

  §  Install Sofware yang Diperlukan Saja

Banyak para penguna facebook rata rata memiliki aplikasi atau sofware yang sangat banyak, bahkan sofware tersebut dia tidak tahu cara mengunakannya, sehingga software itu bisa jadi basi dan sebagainya, jika anda buka jurusan komputer, jangan menginstal aplikasi seperti audiovision, Photoshop dan sejenisnya, Toh juga anda tidak bisa mengunakanya.
Install yang yang penting, seperti Microsoft Word dan lain-lain untuk kepentingan documen dan administrasi.

  §  Gunakan Cooling Pad

Aplikasi ini bisa anda aktipkan ketika pengunaan laptop lama, ketika laptop anda panas, aplikasi ini bisa membantu anda dalam mendinginkan laptop yang sangat panas. Harga cooling pad juga bervariasi, tergantung kebutuhan aja, yang paling murah harganya 50 ribu, atau kalau ingin yang berkualitas beli yang namanya Liquid Cooler.

  §  Jangan Menaruh Laptop Di Kasur

Inilah kebiasaan orang indonesia yang biasanya bermain laptop di atas kasur bahkan di tempat tidurnya, termasuk anda. ayo ngaku aja, ayo..!!?? hehe. Jika memang itu sering anda lakukan maka berhentilah, karena sirkulasi udara di kasur membuat tidak berjalan lancar. Udara tersebut akan susah keluar yang disebabkan kasur tersebut. sehingga laptop anda akan semakin tambah panas.

  §  Jangan Membawa Laptop Dalam Keadaan On

Membawa laptop ketika on/menyala merupakan hal tidak baik untuk kesehatan laptop, kenapa demikian teman-teman? karena ketahuilah bahwa hardish laptop masih bekerja yang tentu menyebabkan hardish tergores dan mengakibatkan BAD SECTOR. oleh karenanya berhentilah anda yang biasa terburu-buru membawa laptop dalam keadaan on.

  §  Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Maksud Om apa nih.. masak tidak boleh di tutup.? sebenarnya boleh boleh aja sih, asalkan laptop anda sudah dalam keadaan dingin, yang tidak boleh itu ketika anda mengunakannya terlalu lama kemudian mematikan lalu menutupnya langsung. Sehingga anda perlu menghindari hal ini jangan sampai menutup LCD laptop karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard dan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD laptop anda, Bila anda di kantor atau disekolah sebaiknya anda matikan laptop dan menutupnya 30 menit sebelum pulang.

  §  Jangan Bermain Game Yang Berat

Hal ini sering terjadi pada gamer berat, namun bila anda menginstal Agry bird atau Zuma itu tidak apa apa, namun jika anda memiliki GTA, PS 2017 dan sejenisnya. maka dapat menyebabkan komponen laptop manjadi rusak dan bocor. oleh karenanya kuranginlah mengunakan permainan yang berat-berat.

  §  Mengunakan Laptop Terlalu Lama.

Selain anda tidak boleh bermain game yang berat, anda juga harus menghindari bermain terlalu lama kira-kira seperti 10-15 jam. hal ini dapat menyebabkan panas yang berlebihan dan tentu membuat laptop mudah rusak.

  §  Membersihkan Dengan Rutin

Cara ini adalah cara paling sederhana dalam merawat laptop karena cukup membersihkan dengan kain atau tisu secara rutin, bila kurang dibersihkan akan membuat debu-debu kecil masuk ke keyboard yang bisa menyebabkannya sulit di tekan, maka rutinlah membersihkan baik itu bagian luar maupun dalam sehingga pengunaa-nya maksimal.

  §  Jangan Browsing Dan Download Sembarangan

Bagi anda yang sering ke-warnet mengunakan laptop, berhati-hatilah saat mendownload sesuatu, karena bisa jadi yang anda browsing adalah virus perusak laptop yang bisa di sediakan oleh situs-situs yang kurang jelas.

  §  Menginstal Anti Virus Yang Bagus

Sebenarnya point di atas tadi bisa anda lakukan dan jangan kahwatir jika anda sudah menginstall aplikasi atau software anti virus yang baik, tentu dalam hal ini kami meyarankan anda menginstal anti virus yang terbaru, seperti Smadav versi terbaru yang bentuknya prabayar, jika demikian maka laptop anda akan tetap awet dan terhindar dari virus yang membahayakan laptop.

  §  Jangan Menaruh Barang Atau Benda Di Atas Laptop

Setelah anda selesai mengunakan laptop dan menutupnya, hindarilah menaruh barang dan benda apapun di atas laptop karena itu dapat mempengaruhi kesehatan laptop, seperti menyebabkan laptop LCD nya mengalami masalah bahkan akan rusak.
Untuk Artikel menarik tentang Dunia Komputer anda bisa Check DISINI

Demikianlah artikel sederhana ini dalam menjaga dan merawat laptop agar lebih awet dan tetap sehat yang bisa kami berikan untuk anda penguna PC dan Laptop, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Open Comments

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Laptop"