Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Mengobati Mata Merah

Cara Mengobati Mata Merah


Cara Mengobati Mata Merah


Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah memang sangat menganggu. tidak hanya merasa gerah dan gatal. Namun juga bisa menganggu aktifitas anda sehari-hari. Akantetapi anda jangan kahwatir bahwa mata merah bisa dicegah dengan menjaga kebersihan serta menghindari sejumlah pertikel penyebab iritasi atau infeksi mata anda.
Mata merah akan menganggu aktifitas anda saat berkomunikasi dengan orang lain, disamping itu mata merah juga akan sangat menganggu penderitanya yang ditandai dengan gejala perih, gatal, berair, bernanah atau bengkak sehingga membuat penglihatan menjadi samar. Sakit mata juga bisa membuat anda demam, nyeri kepala berat dan ganguan penglihatan. Jika anda mengalami gejala itu, bersegeralah konsultasi dengan dokter yang khusus ahli mata.

Penyebab Mata Merah

Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah disebabkan pembuluh darah di dasar selaput putih mata mengalami pembengkakan. Pembengkakan itu terjadi disebabkan masuknya partikel kecil kedalam mata, infeksi, alergi, cedera, sering terpapar matahari dan mata kering.
Dibawah ini penyebab mata merah yaitu:

 Konjungtivitis

Cara Mengobati Mata Merah

Konjungtivitis merupakan salah satu peradangan mata yang paling umum dan menular jika disebabkan oleh virus atau bakteri. Keadaan ini dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, iritasi. penyakit ini dikarenakan konjungtiva yaitu lapisan yang menutup bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak sehingga membuat mata terlihat merah dan seolah-olah terasa kesat.

Konjungtivitis akibat alergi bisa bergejala mata terasa gatal, berair, bengkak, dan gejala muncul setelah terpapar alergen ( zat pemicu alergi ). bila disebabkan infeksi bakteri gejala dapat disertai mata bernanah mata nyeri atau gatal, merah, dan berair, untuk mecegahnya hindari faktor pencetus yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal misalnya debu dan janganlah membiasakan diri mengucek atau mengaruk mata.

Mata Kering

Cara Mengobati Mata Merah

Sindrom mata kering terjadi ketika kalenjer mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, baik dari segi kuantitas dan kualitas atau karena terlalu banyak air mata yang menguap ke udara. Ini membuat mata kering dan teriritasi sehingga terlihat merah. Mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin, pengunaan lensa kontak secara terus menerus atau peradangan pada kelopak mata akibat penyakit tertentu seperti lupus, rhematoid, arthritis dan penyakit srogen . Faktor resiko mata kering adalah sering terpapar matahari , lup, atau debu , menopous, asap rokok kekurangan vitamin A, dan asupan makanan omega-3 rendah.

Untuk mengatasi gangguan mata kering ini anda dapat mencoba memberikan obat tetes mata atau air mata buatan. Obat ini dapat dibeli bebas tanpa resep dokter, gunakan setiap hari 2-3 jam atau sesuai petunjuk dan cara pengunaan yang tertera pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Kompres air hangat  dan bersihkan mata dengan sampo bayi yang lembut juga dapat membantu melumasi mata dan membersihkan mata dari kuman dan debu.

Kelelahan

Cara Mengobati Mata Merah

Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat mata lelah kering, atau justru berair terus menerus. Selain itu anda juga cenderung merasa sakit kepala dan kelelahan yang amat sakit. Mata berkedip sangat jarang ketika anda bekerja didepan komputer atau TV. Hal inilah yang kemudian membuat mata kering dan merah. Pastikan untuk beristirahat tiap beberapa jam dan anda bisa teteskan obat mata jika ada supaya mata anda tetap lembab dan sehat.

Luka


Cedera pada mata, misalnya karena kecelakaaan, terpapar benda asing atau zat kimia, goresan kecil yang menyebabkan mata merah. Ini terjadi karena pembuluh darah mata anda melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah kelokasi cedera sehinggga penyembuhan dapat berjalan lebih cepat . Jika pembuluh darah pada mata ikut terluka, peredaran akan terjadi. Jika ada benda asing yang tidak sengaja masuk dan melukai mata, segeralah temui dokter spesialis mata untuk ditangani.

Tips Mencegah Mata Merah

Cara Mengobati Mata Merah

Anda tidak perlu takut, mata merah buakn kondisi serius bila anda langsung menanganinya, infeksinya pun bisa sembuh denga penanganan yang tepat. dalam banyak kasus, kondisi ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan serta menghindari sejumlah partikel pemicu mata merah. lakukanlah beberapa tips dibawah ini untuk mencegah mata merah.
·        Hindari pencetus yang dapat membuat mata merah misalnya debu
       ·        Mencuci tangan dengan sabun da air bersih jika melakukan kontak dengan penderita infeksi mata
       ·        Hentikan kebiasaan mengucek dan mengaruk mata
    ·   Mengurangi aktivitas yang membuat mata lelah dan jauhi bahan yang mengiritasi mata
        ·        Membersihkan make up pada mata jika telah selasai di gunakan
      ·        Menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama dari yang disarankan bagi penguna lensa kontak mata, bersihkan lensa dan ganti lensa sesuai petunjuk di kemasan atau aturan dokter. Jangan mengunkan lensa saat tidur, dan hindari pemakaina lensa yang tidak benar
    ·        Segeralah mencuci mata dengan air bersih jika mata anda terkontaminasi denga debu dan sejenisnya
     ·        Jika sering berada di luar rumah atau di daerah yang banyak terpapar sinar matahari, gunakanlah kacamata khusus untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari dan benda asing lainnya.

Pemakaian obat tetes mata adalah salah satu bentuk pengobatan untuk meredakan mata merah. Setelah diobati biasanya kondisi mata merah akan membaik dalam waktu singkat, pengobatan mata merah di sesuaikan dengan penyababnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka perlu diberikan antibiotik tetes atau oral sesuai resep dokter. Jika disebabkan alergi, hindari faktor pencetusndan dokter mungkin akan memberikan obat pereda alergi seperti anthistamin untuk mengurangi gatal dan radang mata merah disertai keluhan mata kering air tetes mata buatan adalah pilihan yang tepat.
Bila gejala mata merah disertai rasa sakit manual, sakit kepala yang parah, penglihatan terganggu atau mata menjadi sensitif terhadap cahaya. Terdapat riwayat cedera pada mata atau mata terpapar zat kimia. Segera temui dokter. Bagaimanpun juga, jika kondisi ini tidak segera membaik, disarankan untuk menghubungi dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang tepat..

Demikianlah tips serta penyebab mata merah yang bisa anda hindari penyebabnya dan tipsnya bisa anda terapkan untuk teman kerabat anda yang tentu kami berharap bisa membantu anda dalam kesehatan mata, terutama mata merah dan sejenisnya

Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Mata Merah"