Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya


Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Kulit merupakan organ terluas yang dimiliki oleh manusia. selain itu kulit juga bagian terpenting karena bertugas melindungi bagian tubuh dari dunia luar seperti virus, bakteri dan sebagai pengatur suhu. Ada beberapa jenis penyakit kulit yan perlu diketahui.
Beberapa masalah yang sering terjadi pada kulit diantaranya bengkak, gatal-gatal, kemerahan hingga rasa panas. Masalah ini terjadi pada kulit yang ringan dan tidak membahayakan, namun adapun yang merupakan tanda-tanda bahaya yang bisa mengancam anda.
Berikut ini kami merangkul 7 penyakit kulit yang banyak diderita serta cara mengobatinya.

1. Jerawat

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Penyakit ini merupakan jenis penyakit kulit yang sangat populer karena sekitar 80% orang pernah mengalaminya. Jerawat disebabkan karena masalah pada kalenjar minyak kulit. Perlu diketahui. pori-pori terhubung ke kalenjar oleh kanal yang disebut folikel. ketika folikel dari kalenjar kulit tersumbat. maka itu menyebabkan jerawat.

2. Kudis (skabies)

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Kudis adalah penyakit kulit, ini disebabkan oleh parasit tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. orang yang terjangkit penyakit kulit kudis biasanya tinggal di tempat kotor serta tidak melindungi kebersihan tubuhnya. tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal hebat saat malam hari, seperti sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pingang dan tempat sempit lainnya. kudis amat mudah menular pada oarng lain.

3. Eksim (Dematitis)

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Tanda - tanda yang paling dominan yang dirasakn pasien penyakit kulit eksim yaitu rasa gatal berlebihan pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah sampai timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah. Tangan, kaki, lipatan paha serta  telingga yaitu sisi tubuh yang sangat berisiko terkena eksim.
Eksim disebabkan karena alergi pada rangsangan zat kimia spesifik yakni detergen, sabun, obat-obatan serta kosmetik. kemudian kepekaan pada tipe makanan spesifik seperti Udang, Ikan Laut, Telur, Daging, Ayam, Alkohol, Vetsin dan sebagainya. Eksim juga bisa disebabkan alergi serbuk sari tanaman, debu, iklim, hingga masalah emosi. Eksim seringkali menyerang orang-orang yang memiliki kecenderungan alergi.

4. Kurap

Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Kurap disebabkan karena jamur. Gejala yang paling mudah dikenali adalah timbulnya lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembab dan disertai rasa gatal. Penyakit kulit kurap ini timbul disebabkan kurangnya menjaga kebersihan kulit. bagian tubuh yang paling akrap diserang adalah tengkuk, leher serta kulit kepala.

5. Melanoma

Melanoma adalah kanker kulit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati. Melanoma sangat berisiko apabila tahi lalat yang ada pada kulit semakin membesar. mengalami perubahan warna dan menyebabkan gejala peradangan.

6. Herpes

Jenis penyakit kulit herpes sering mendekati orang dewasa. tanda munculnya penyakit ini adalah ruam tidak rata dan berukuran kecil yang pada akhirnya melepuh. dampak yang dirasakn penderita adalah rasa perih dan gatal serta membuat kulit menjadi lebih sensitif. wilayah kulit yang sering terkena adalah bagian tubuh yang paling lembab seperti lipatan paha dan bokong.

7. Bisul

Bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan dapat membesar. bisul juga dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh. namun penyakit ini lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang lembab , Seperti paha, bokong dan bagian tubuh yang lembab.
Bisul disebabkan karna adanya infeksi bakteri stafilokokus aureua pada kulit yang melewati polikel rambut, kalenjer minyak, kalenjer keringat, lantas menyebabkan infeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang meyumbat pori-pori, serta pemakaian bahan kimia. Untuk menghindari bisul, jagalah kebesihan badan dan lingkungan, serta komsumsilah makanan yang bergizi.

Tips dan Cara mengobati penyakit kulit

Tips dan Cara mengobati penyakit kulit

Pengobatan penyakit kulit akan bisa diobati jika sudah mengetahui diagnosenya mengenai penyebabnya. jika masalah kulit disebabkan oleh jamur, hal ini bisa diobati dengan obat luar yang mengandung miconazelo. bila penyakit kulitnya sngat luar, sebaiknya penderitanya mengkomsumsi obat yang diminum, seperti griseofulvin, terbinafin atau ketoconazole. obat-obat ini hanya boleh diminum sesuai petunjuk dan instruksi dokter.
Kemudian bila jamur kulit disebabkan oleh daya tahan tubuh lemah, seperti HIV atau diabetes yang gula darahnya tidak terkendali, penyebab daya tahan tubuh rendahnya harus diobatai dahulu untuk mendukung kesembuhan insfeksi jamur kulit.

Baiklah teman-teman berikut beberapa obat alami untuk mengobati penyakit - penyakit kulit di atas tadi

a. Bawang Putih

Sifat antibakteri dan antibiotik di bawang putih berperan dalam proses penyembuhan infeksi jamur kulit. Untuk mengatasi jamur pada kulit dengan bawang putih. Anda bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih, lalu campur dengan minyak zaitun. selanjutnya, oleskan terus dibilas sampai kering, atau anda juga bisa mengkomsumsi bawang putih sebagai pengobatan dalam tubuh anda.

b. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung manfaat yang dapat membunuh jamur dan melindungi kulit dari infeksi jamur. gunakan ekstra virgin dalam mengatasi konflikasi jamur. oleskan minyak kelapa alami di bagian yang terkena jamur, ulangilah sampai 4 kali dalam seminggu sampai jamur benar-benar menghilang.

c. Plaim Yogurt

Kandungan probiotik pada plaim yogurt bisa mencegah pertumbuhan jamur dikulit. untuk mengobatinya. oleskan palin yogurt memakai kapas ke permukaan kulit yang terkena jamur. diamkan selama stenggah jam, lalu bilas memakai air hangat dan keringkan.

d. Cuka Apel

Cuka apel mempunyai sifat antimikroba. itu membuat cuka apel ampuh mengatasi jamur-jamur yang bisa menyebabkan infeksi. sifat asam yang dimiliki cuka apel juga baik untuk membantu mencegah penyebaran infeksi dan mengobati infeksi dengan cepat. caranya, anda bisa minum air campuran cuka apel atau mengoleskannya di daerah yang ditubuhi jamur.
Ketahuilah bahwa, masalah penyakit kulit di atas tidak akan bisa diatasi dengan cepat jika hanya dengan mengandalkan obat,, anda juga harus mengontrol faktrol resiko terkenanya penyakit tersebut.. semoga ulasan ini bermanfaat bagi teman dan saudara.


Open Comments

Posting Komentar untuk "Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya"