Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Menghitung Tabel Angka Pada MS Word

Cara Menghitung Tabel Angka Pada MS Word

Bagaimana sih Cara Menghitung Tabel Angka Pada MS Word? Pertanyaan ini sempat saya ucapkan waktu mempunyai tugas ditempat kerja. Mungkin sobat pengunjung yang sering membaca artikel saya sudah mengetahui apa profesi saya sebenarnya, karena sudah beberapa kali saya sebutkan dalam artikel sebelumnya. Dengan dunia komputer dan jaringan internet, saya termasuk pemula. Banyak yang harus saya pelajari untuk karir saya, maupun hobi dalam ngeblog.

Karena tidak mengetahui cara tersebut, saya mencoba utak-atik microsoft word yang ada di laptop. Tapi pada akhirnya tidak berhasil juga. Saya menyadari bahwa tidak semua ilmu didapat dengan coba-coba. Walaupun juga banyak ilmu yang saya dapat dalam blogger karena coba-coba (hehehe). Setelah tidak berhasil dengan coba menyoba, kemudian saya tanya ke mbah google, dan mendapatkan artikel tentang cara tersebut, tapi artikel yang membahas tentang itu paling baru sekitar 2 tahun yang lalu. Walaupun demikian dari beberapa artikel tersebut, saya berhasil menghitung angka pada tabel microsoft word yang menjadi tugas saya.

Oleh karena itu saya terinspirasi untuk mengupdate artikel tersebut melalui postingan ini. Dengan alasan yaitu cara yang saya baca sebelumnya sedikit berubah dari yang saya temukan dalam menghitung jumlah angka pada tabel yang telah dibuat. Jadi yang saya akan bagikan disini adalah pengalaman nyata mengenai hal tersebut. Ini juga merupakan artikel pertama saya dalam membahas tips tentang komputer.

Sebelum masuk ke caranya, sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang formula untuk menhitung angka pada tabel tersebut. Formula pada microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word seperti halnya pada rumus yang sering digunakan pada microsoft excel. Meskipun tidak sedetail seperti pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.

Dengan menggunakan perintah fungsi SUM() atau dengan rumus tersebut, kita bisa secara otomatis melakukan perhitungan atau penjumlahan angka yang ada di tabel, baik berupa penjumlahan mendatar (horizontal) maupun meninggi(vertikal). Untuk lebih jelasnya, cara menghitung angka pada tabel microsoft word dapat disimak pada langkah-langkah berikut ini:
  1. Silahkan sobat buka microsoft word, kemudian buka tabel angka tersebut.
  2. Selanjutnya letakkan kursor pada bagian (sel) yang akan diisi dengan nilai penjumlahan, misalkan pada sel di kolom paling kanan atau paling bawah.
  3. Kemudian klik  Insert lalu klik tombol Quick Parts , lalu dari daftar pilihan yang ada klik tombol Field. Sobat lihat contoh pada gambar berikut :
  4. Selanjutnya pada dialog Field pilih Formula lalu klik tombol Formula. Pada bagian ini yang merupakan hal terpenting dalam mengatur rumusnya. Untuk tabel pemjumlahan horisontal rumusnya =SUM(LEFT) dan untuk tabel penjumlahan vertikal rumusnya =SUM(ABOVE).
  5. Lakukan cara seperti di atas di setiap kolom penjumlahan lainnya.
  6. Untuk tabel penjumlahan campuran horinsontal dan vertikal, sebaik sobat mengatur formula update otomatis dengan cara mencentang Preserve formatting during updates. Lebih jelas lihat gambar berikut :
Demikian tutorial ini, semoga tidak bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam respek buat sobat pengunjung baru dan pengunjung setia.

Untuk Artikel menarik tentang Dunia Komputer anda bisa Check DISINI





Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Tabel Angka Pada MS Word"