Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Ampuh Turunkan Depresi dengan Olahraga

Cara Ampuh Turunkan Depresi dengan Olahraga

Cara Ampuh Turunkan Depresi dengan Olahraga - Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani ( seperti Main catur). Sumber wikipedia.org . Manfaat berolahraga yang umumnya diketahui yaitu sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Melakukan olahraga secara rutin juga dapat meredakan depsresi dan menjaga suasan hati yang stabil.

Cara Ampuh Turunkan Depresi dengan Olahraga


Tidak hanya berlari, sekalipun hanya berjalan kaki juga telah dikaitkan dengan rendahnya tingkat depresi.

Aktivitas simple seperti berlari maupun berjalan menjadi cara yang mudah dan murah untuk menghindarkan seseorang dari bahaya depresi.

Hal inilah yang membuat seseorang seringkali merasa lebih baik setelah melakukan olahraga.

Baca Juga: 9 Tips Agar Tubuh Selalu Bugar dan Bersemangat

Setelah berolahraga akan muncul rasa semangat disamping juga suasana hati lebih baik, selain itu Anda lebih tercegah dari resiko depresi berkepanjangan.

Ingat! Berkeringat itu sangat baik. Jadi jangan malas berolahraga.

Penelitian Tentang Aktivitas Fisik dapat Meredakan Depresi


Pada hasil riset yang diterbitkan di jurnal ‘JAMA Psychiatry’ menemukan adanya keterkaitan antara aktivitas fisik (olahraga) dengan penurunan resiko depresi.

Penelitian dengan mendalami data genetik dari 300 ribu orang dewasa.

Ketua dari penelitian ini bernama Karmel Choi, bersama dengan tim peneliti dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat.

Hasil penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki aktivitas fisik lebih banyak umumnya lebih jarang terserang masalah depresi.

Peneliti menyarankan untuk mengisi waktu luang yang kosong dengan melakukan aktivitas fisik, sekalipun hanya 15 menit.

Peneliti mengemukakan bahwa hanya selama 15 menit beraktivitas fisik dapat menurunkan risiko depresi hingga 26 persen.

Berolahraga akan membuat tubuh meningkatkan produksi hormon endorphin, dopamin, serta juga nerodrenalina meningkat. Itu merupakan hormon yang bertanggung jawab menjaga suasana hati, sebagian orang juga menyebutnya sebagai ‘hormon bahagia’.

Keberadaan hormon-hormon tersebut sangat penting dalam meredakan depresi dan menjaga mood yang baik. Rutin berolahraga membuat hormon-hormon tersebut meningkat di dalam tubuh.

Hormon-hormon ‘bahagia’ itu juga bermanfaat untuk menjaga kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak, hal ini sangat baik bagi penderita depresi yang sedang mengalami sulit tidur.

Baca Juga : 9 Tips Agar Olahraga Membakar Banyak Kalori

Hal lainnya, berolahraga juga akan menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh (jika kadarnya sedang tinggi). Kadar hormon kortisol yang terlalu tinggi memicu timbulnya stres, perasaan tidak enak, hingga depresi.

Kesimpulan

Para ahli telah menjelaskan bahwa tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, melakukan olahraga sederhana atau ringan saja sebenarnya sudah memberikan manfaat signifikan untuk meredakan depresi.

Anda bisa jogging di pagi hari, atau bahkan sekedar berjalan santai selama 15-20 menit. Ingat!! Jangan memaksakan diri, yang penting lakukan secara rutin.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel kesehatan tentang Cara Ampuh Turunkan Depresi dengan Olahraga yang semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber dan Referensi :

Open Comments