Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)

Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)


Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil


Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)

kehamilan adalah hal yang dinantikan oleh pasangan pasutri namun setelah itu rekan-rekan perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan bayi di dalam perut bunda.

Baik dan buruknya kesehatan si bayi dalam perut itu tergantung bunda yang merawat dan menjaga pola hidup sehat dan tetap sehat dalam keseharian, seperti berhenti merokok, tidak meminum alkohol dan menjaga hal hal yang membahayakan si kecil dalam perut.

Dan pada artikel ini kami akan membagikan tips dan cara menjaga kehamilan saat kehamilan muda dengan rekomendasi dokter, mau tahu bagaimana caranya, berikut bunda simak tips dibawah ini.

1# Meminum Penatal

Jika bunda sudah hamil maka tentu yang membutuhkan makanan dan nutrisi itu bukan hanya bunda aja, tetapi juga bunda berdua dengan anak dalam kandungan, sehingga bunda tidak cukup dengan mengkonsumsi nasi saja, tetapi juga bunda harus memenuhinya dengan meminum vitamin prenatal.

2# Olahraga

Selain bunda mengkonsumsi vitamin yang di atas tadi bunda juga perlu untuk berolahraga untuk menghindari stress dan mengendalikan berat badan, Olahragapun bukan yang berat-berat seperti lari 12 KM atau Angkat Besi. namun anda sebaiknya olahraga yang ringan seperti berjalan cukup 15-20 menit aja, dan bisa juga mengikuti olahraga kehamilan di lingkungan bunda jika ada, tapi jika tidak ada maka bunda boleh latihan di rumah sendiri dengan melihat banyak tutorial di youtube.

3# Belajar tentang Ilmu Kehamilan

Menghindari kelas persalinan akan membantu bunda lebih siap untuk melahirkan dan mendapat banyak informasi tentang kehamilan hingga persalinan. Dalam belajar pun tidak ada batasnya, anda bisa mengakses di google atau bisa bertanya pada rekan-rekan keluarga yang sudah mengalami kehamilan, sehingga bunda bisa sharing dan berbagi terkait pengalaman dan tanpa disadari akan mengobati stress pada bunda.

4# mengontrol Berat Badan

Perlu diketahui dan bunda jangan kaget ketika berat badan meningkat signifikan, itu merupakan hal yang wajar jika berat badan meningkat karena bunda sudah berbadan dua, akan tetapi jika berat badan anda berlebihan maka itu jangan dibiarkan, pun sebaliknya ketika bunda kekurangan berat badan, oleh karena itu bunda harus mengetahui berat badan ideal menurut Institusi of Medical (IOM) yaitu :

> Berat badan kurang : tambahkan 28-40 pon (12-18 kg)
> Berat normal : tambahkan 25-35 pon (11-15 kg)
> kegemukan : tambahkan 15-25 pon (6-11)
> Obesitas : tambahkan 11-20 pon (4-9)

5# Mengkonsumsi Ikan

Pada hasil penelitian 2017 terhadap 12 ribu anak,menemukan bahwa anak - anak yang ibunya makan banyak ikan selama kehamilan akan memiliki IQ lebih tinggi. karena kita ketahui bahwa ikan memiliki Omega3 yang tinggi dan penting untuk perkembangan anak.
jenis ikan yang harus dikonsumsi adalah, ikan salmon, tuna, dan lele.

6# Makan makanan yang kaya asam folat

Selain bunda makan ikan yang banyak, bunda juga harus makan lima dan 6 makanan gandum, sayuran hijau, lentil, jeruk, kacang-kacangan dan lain-lainnya.

selain itu bunda juga bisa mengkonsumsi asam folat dan nutrisi dari susu prenagen Mommy yang sama kandungannya dengan sayuran di atas tadi.

7# Istirahat yang cukup

Tidur adalah hal yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh bunda dimana saja, selain bunda menjaga makanan dan minuman yang baik, bunda juga harus mengatur tidur yang berkualitas,  berkualitas maksudnya adalah bagaimana bunda dapat mengatur jam tidur yang productif yang mana berpengaruh pada kesehatan janin, adapun tidur yang berkualitas adalah; usahakan sebelum tidur mandi dengan air hangat dulu, mengatur suhu ruangan atau bisa tidur di berugak yang elen, usahakan tidur siang hari, dan jangan tidur terlalu lama.

8# Rajin mencuci Tangan

Mencuci tangan sangat erat kaitannya dengan kesehatan bunda yang sedang hamil, mencuci tangan ini tidak hanya ketika saat makan, namun jauh lebih penting bunda mencuci 2 kali dalam satu jam.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil


Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)

Menjaga kehamilan adalah hal yang harus dilakukan oleh bunda, tak hanya menjaga fisik dan hubungan dengan suami aja tapi jauh lebih penting dan berikut cara menjaganya.

>> mengatasi keluhan dan perubahan fisik

banyak perubahan fisik yang terjadi pada bunda seperti muntah, payudara nyeri, mudah lelah, pusing, sulit buang air besar dan sering buang air kecil, selain itu perlu bunda ketahui juga bahwa, perubahan itu terjadi dengan signifikan dan secara bervariasi, akan tetapi anda harus bisa mengetahui dan mengurangi hal itu dengan cara memperbanyak minuman air putih dan minum jahe dan beristirahat yang cukup.

>> Menghindari asap rokok

Selain rokok dapat menyebabkan sakit jantung dan sejenisnya, si batang lilitan ini juga dapat membunuh janin yang ada di dalam perut bunda jika terlalu sering menghirupnya, Seram bukan..? Oleh karena itu jika suami bunda adalah perokok aktif maka mintalah dia untuk berhenti selama masa kehamilan berlangsung demi sebuah hati. tak hanya itu bunda juga harus menghindari minuman yang bersoda keras atau banyak mengandung alkohol pada makanan atau minuman apa saja.

>> Mengontrol Emosi

Banyak para bunda ketika melahirkan anaknya mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti tidak bisa berbicara saat besar, mudah tersinggung dan sebagainya. Itu adalah hal yang sudah menjadi bawaan ketika bunda nya tidak bisa mengontrol emosi saat hamil muda maupun tua. Jika bunda sering marah saat hamil, maka anak bunda akan menjadi pemarah atau paling tidak menjadi anak yang suka mengeluh. Oleh karena itu penting sekali bunda menjaga moodnya selama hamil berlangsung.

>> Mempererat hubungan dengan suami

Tidak sedikit para suami sering keluar malam ketika bunda atau istrinya sedang hamil, ini karena bisa jadi bunda kurang perhatian pada kebutuhan sexnya, padahal walaupun bunda hamil bisa memuaskan suami dengan cara yang sederhana yaitu menjalin komunikasi yang baik dan mempererat hubungan dengannya, itu sudah lebih dari cukup bagi para suami.
Hal itu, dibuktikan dengan perlakuan ibu pada pasangan yang biasa-biasa aja dengan ibu yang selalu memperhatikan suaminya.

>> Rutin memeriksa ke Dokter Kandungan

Cara ini adalah tak kalah pentingnya selain cara di atas yang kami sebutkan tadi, yaitu konsultasi dengan dokter. ketika anda konsultasi usahakan bunda sejak umur trimester pertama karena untuk mengidentipikai kelainan kromoson pada janin. untuk pemeriksaan normalnya adalah setiap 6 minggu dan tanyakan semua hal tentang kehamilan pada dokter karena itu memang tugasnya.

Tips Menjaga kehamilan Saat Usia Hamil Muda


Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)

a. Menghindari kegiatan yang berat

Pada saat kehamilan melanda bunda tentu cepat lelah dan mudah ngantuk, hal inilah disarankan bunda untuk jangan sekali-kali mengangkat alat berat atau melakukan kegiatan yang berat, contoh misalkan bunda menyetir dengan jarak yang jauh, masak dan melakukan kegiatan rumah tangga seharian dll yang mengencangkan otot bunda. intinya jangan dikerjakan yeah.

b. Menghindari asap rokok

Selain rokok dapat menyebabkan sakit jantung dan sejenisnya, si batang lilitan ini juga dapat membunuh janin yang ada di dalam perut bunda jika terlalu sering menghirupnya, Seram bukan..? Oleh karena itu jika suami bunda adalah perokok aktif maka mintalah dia untuk berhenti selama masa kehamilan berlangsung demi si buah hati. tak hanya itu bunda juga harus menghindari minuman yang bersoda keras atau banyak mengandung alkohol pada makanan atau minuman apa saja.

c. Hindari minum Kopi

Jika ketika anda masih muda suka dengan kopi, maka untuk saat ini anda harus menghindarinya karena itu mempengaruhi zat besi di dalam darah. dan dapat menyebabkan gejala anemia yang ada pada wanita sedang hamil muda. maka liat dulu kandungan kafein tersebut.

d. Mengurangi makanan gorengan

Jangan makan makanan yang mengandung banyak minyak dari gorengan, karena makanan ini banyak mengandung mikroba yang berbahaya bagi kesehatan janin bunda yang hamil muda.

e. menghindari hubungan kontak dengan binatang reftil

Reftil disini adalah kadal,kura-kura, iguana, dan ular, karena kotoran dari hewan ini mengeluarkan virus salmonella ke dalam sistem tubuh bunda dan sangat berbahaya.

f. Mengurangi kumsumsi Vit A

Suplemen vitamin A memang bagus untuk bunda akan tetapi jika dikumsunsi berlebihan akan mengakibatkan cacat pada janin, seperti wortel. tomat dll.

g. Jangan minum air keran

Hal ini bukan disarankan untuk meminum langsung dari keran, sebaiknya anda memasaknya dulu air tersebut lalu meminumnya untuk menghindari kontaminasi dari kuman-kuman dalam air keran tersebut.

h. menghindari Radiasi Hp

Jika bunda adalah pengguna aktip hp, main PUG dan FB yang konek langsung dengan jaringan, maka selama bunda hamil muda untuk menghindari , karena radiasi yang ada pada hp terkoneksi dapat menyebabkan keguguran dan cacat pada janin.

Demikianlah hal-hal yang perlu dihindari saat hamil muda, semoga bermanfaat.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Tips dan cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil muda (terlengkap)"