Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Membuat Video Tutorial Melalui Android

Cara Membuat Video Tutorial Melalui Android

Bagaimana Cara Membuat Video Tutorial Melalui Android? Pertanyaan ini paling sering di tanyakan oleh sobat youtuber dalam membuat video tutorial untuk di upload ke youtube atau media sosial lainnya.

Untuk membuat video secara langsung dari android, kita semuanya pasti mengetahui jelas bagaimana caranya. Bahkan anak TK atau SD pun sudah mengetahui caranya. Hanya dengan merekam langsung objek tertentu, mereka bisa membuat videonya.

Pertanyaannya bagaimana membuat video screenshoot dari android? Misalnya saat bermain game, saat googling dan lain-lain.

Dalam dunia yang serba bisa saat ini, membuat video tutorial merupakan hal yang sangat mudah. Cara ini terbilang sangat mudah karena sobat hanya menggunakan aplikasi yang tersedia di play store.

Butkinya banyak sekali video tutorial yang beredar di youtube atau media sosial lainnya. Sebenarnya hal ini merupakan salah satu pendukung atau suatu hal yang positif untuk pengembangan pengetahuan dalam dunia internet.

Mereka yang membuat video tutorial berbagai macam jenis pembahasannya dapat membantu sobat lain yang membutuhkannya.

Sobat bisa sampai membaca artikel ini, mungkin belum mengetahui bagaimana caranya membuat video tutorial melalui android. Jika saya benar, semoga artikel saya ini bisa membantu serta menjawab pertanyaan sobat tentang cara tersebut.

Cara Membuat Video Tutorial Melalui Android


1. Menggunakan Aplikasi DU Recorder

DU Recorder adalah perekam layar untuk Android yang gratis, stabil, dan berkualitas tinggi yang membantu sobat merekam video layar yang halus dan jelas. Dengan beragam fitur seperti tangkapan layar, perekam video, editor video, dan tanpa memerlukan rooting, DU Recorder menyediakan cara mudah untuk merekam video layar, seperti video game, panggilan video, pertunjukan langsung, dan lainnya - mempermudah segalanya.

Keunggulannya :

  • Gratis
  • Tanpa pembelian dalam aplikasi
  • Tanpa iklan
  • Tidak perlu di-root
  • Tanpa batas waktu rekaman
  • Video kualitas tinggi: 1080p, 12Mbps, 60FPS
  • Menyediakan antarmuka dengan lebih dari 20 bahasa untuk pengguna di seluruh dunia

2. Menggunakan Aplikasi Mobizen


  • Penerima Penghargaan ‘App Terbaik 2016’ Google.
  • Perekam Layar Dipilih oleh 70 juta pengguna di seluruh dunia.
  • Ditampilkan di banyak pasar, seperti Korea, Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Amerika Utara, Amerika Selatan, dll. lebih dari 5.300 kali
  • Mobizen telah menambahkan fitur yang diinginkan penggunanya.


Dari kedua aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kerbatasan yang berbeda pada masing-masing aplikasi tersebut. Silahkan sobat memilih mana yang cocok sesuai kebutuhan.

Berikut langkah-langkah membuat video melalui android.

Langkah I

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah dengan mencari aplikasi DU Recorder atau Mobizen pada Google Play Store. Kemudian sobat bisa menginstal aplikasi tersebut.

Langkah II

Setelah sobat telah menginstalnya, kini saatnya mengklik menu ‘pilihan’. Setelahnya, pilih ‘Record – Video &Setting’, dan ‘Camera and Screenshot’. Sobat pun bisa memilih resolusi dari video, kulitas, dan frame pada video tersebut. Intinya pada langkah ini, sobat mengaktifkan untuk screenshoot videonya.

Langkah III

Saat sobat merekam video melalui layar smartphone android, sobat cukup untuk mengklik ‘record’ yang berada di bawah layar smartphone sobat. Aplikasi tersebut pun akan aktif. Kapan pun sobat tetap bisa mengontrolnya dengan memiliki pilihan menu yang ada pada layar sobat.

Langkah IV

Setelah video tersebut terekam, kini saatnya sobat menggunakan pilihan lanjutan pada DU Recorder atau Mobizen. Sobat pun bisa menambahkan background, musik, dan masih banyak lagi.

Langkah V

Langkah terakhir yakni sobat bisa membuat screencast pada smartphone Android sobat. Sehingga bisa membaginya kepada teman maupun keluarga melalui media sosial.

Untuk artikel lengkat tentang Dunia Internet anda bisa Lihat DISINI

Demikian pembahasan mengenai cara membuat video tutorial melalui android, semoga bermanfaat bagi untuk kita semua.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Video Tutorial Melalui Android"