Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
RPP1 Lembar IPA SMP 2020 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2

RPP1 Lembar IPA SMP 2020 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2


Sebagai seorang guru tentu harus memiliki sebuah perangkat pelajaran dalam mengajar di kelas yang biasa si sebut RPP.

Setelah pergantian menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru di era Jokowi jilid 2 ini para guru disugguhkan dengan kebijakan baru dengan istilah sekolah merdeka.

RPP1 Lembar IPA SMP 2020 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2
RPP1 Lembar IPA SMP 2020 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2


Kebijakan itu tak hanya menyentuh di kalangan guru namun juga secara umum di dunia pendidikan.

Gerbekan baru dari Pelopor ganteng dan ahli IT itu menjadi kebahagian tersendiri bagi kalangan Guru maupu yang berkecimpung di dunia pendidikan.

Kalanngan Guru di SMP misalkan, yang pada tahun 2018 silam di suguhkan dengan RPP K13 yang banyak mengalami revisi, ada revisi 2016 hingga revisi 2018.

Hal itulah yang membuat para tenaga pendidik terkadang bingung dan tak sampai daripada tujuan pembelajaran.

Selain harus mencetak ratusan lembar setiap RPP tenaga pendidik juga harus menjilid yang biayanya memang tidak murah.

Olehkarena itu RPP 1 lembar ini menjadi sebuah lampu hijau setiap yang mengenal istilah RPP.

RPP yang di buat menjadi 1 lembar ini tentu memperhatikan beberapa point dalam pembuatannya seperti, mengisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan peniliaian pembelajaran.

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merajuk pada kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik.

Tujuan belajar ini mengambarkan suatu proses dan efect atau hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa sesuai dengan komepetensi dasar.

Dalam penuyusunan pembalajaran pada RPP 1 lemabr yang disederhanakan berdasarakan KD dengan mengunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur dari sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Langkah-langkah pembelajaran

Langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat mencapai KD.

Dengan begitu, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara instraktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi para siswa.

langkah langkah kegiatan pembalajaran tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter ( PPK) 4C ( literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan commnicatioan), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS)

Penilaian Pembelajaran

Dalam RPP 1 halaman terkait penilaian pembelajaran juga dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan melihat 3 bentuk penilaian abada 21 seperti assessment for learning.

Disamping itu pembuatan RPP 1 halaman ini juga sebagai pelengkap dan bebas mandiri.

Penulisan RPP juga harus dilakukan dengan efesien, efektif sehingga tujuan proses pembelajaran menjadi tercapai berdasarkan kondisi dan kemampuang setiap guru.

Nah, pada kesempatan ini admin membagikan contoh RPP dalam format 1 lembar revisi 2020 yang bisa digunakan oleh guru mata pelajaran IPA Terpada di Kelas 7, 8, dan 9.

Pada pembuatan RPP yang admin bagikan ini hanya 1 lembar dalam 1 pertemuan saja. Jika anda ingin memiliki secara lengkap semua pertemuan maka silahkan hubungi nomer whatsapp yang kami tuliskan pada bagian atas RPP setelah anda download.

RPP yang kami buat ini tentu berdasarkan surat edaran kemendikbud no 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan perangkat pembelajaran.

Untuk mendownload RPP 1 lembar IPA semua kelas ini cukup mudah dan sederhana. anda akan di arahkan di google drive langsung tanpa harus melewati link link yang membosankan.

Baiklah, silahkan anda download RPP IPA terpadu kelas 7, 8 dan 9 semester 1 dan semester 2 di bawah ini.

  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 7 Semester Ganjil ( DOWNLOAD  )
  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 7 Semester Genap ( DOWNLOAD  )
  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 8 Semester Ganjil ( DOWNLOAD  )
  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 8 Semester Genap ( DOWNLOAD  )
  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 9 Semester Ganjil ( DOWNLOAD  )
  • RPP 1 Lembar  IPA SMP Kelas 9 Semester Genap ( DOWNLOAD  )


Penting untuk diketahui bahwa RPP ini hanya sebagai gambaran dan referensi anda dalam membuat format  RPP versi 2020 sehingga ada gambaran untuk anda membuatnya.

Akan tetapi, jika anda tidak mau repot untuk membuat RPPMapel IPA ini silahkan bisa pesan langsung dari kami untuk persil lengkapnya dengan menghubungi No WA yang tertera di Halaman satuan pendidikan RPP ini.

Yeah, Demikianlah postingan kali ini yang besar harapan kami semoga dapat membantu rekan rekan guru dalam mengembangkan dan menyukseskan visi dan misi pendidikan indonesia.


Open Comments