Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru

Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru



Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru-Bismillah,, selamat pagi semua pengunjung setia blog Milano-ruus yang semoga tetap dalam hidup yang harmonis dan fit dalam keseharian sehingga apapun yang sahabat Milano lakukan pasti maksimal jika kesehatan selalu dijaga. Dan besar doa kami semoga semuanya juga selalu dalam lindungan Allah SWT serta apa yang sahabat Milano lakukan hari ini menjadi asbab kita mendapatkan Ilmu yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat banyak pada umumnya.

Baiklah rekan-rekan guru pada kesempatan ini kita akan membagikan tentang Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru

Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru

RPP Tematik  K13 SD/MI kelas 1,2,3,4,5 dan 6


Pengelolaan administrasi lembaga Pendidikan yang rapi dan administratif,sangat penting untuk meningkatkan kinerja lembaga Pendidikan . Peningkatan kinerja itu akan berkonsekuensi positip yang makin meningkatkan efesiensi, mutu dan pelayanan lembaga Pendidikan pada anak atau peserta didik khususnya dan pada masyarakat banyak pada umumnya. Sebuah lembaga Pendidikan yang baik dapat di lihat dari kegiatan pembelajaran yang tertib dan terarah.


Administrasi Pendidikan adalah administrasi yang berisi acuan minimal untuk para pengelola, penyelenggara dan tenaga pengajar serta pembinaan program Pendidikan dalam melakukan pembina teknis penyelenggara administrasi Lembaga Pendidikan. Pembuatan buku administrasi Pendidikan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi, selanjutnya digunakan sebagai arsip, Buku pedoman administrasi Pendidikan berisi kumpulan format administrasi Pendidikan dalam bentuk file doc ataupun pdf yang dapat di edit.

RPP K13 SD Tematik


Sebagai seorang guru wajib memiliki perangkat pembelajaran, yang dimaksud adalah pembelajaran sendiri dalam KBBI (2017:17), Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang mungkin guru dan siswa melakukan kegiatan belajar. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  di dalam kelas, laboratorium ataupun di luar kelas. dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomer 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.

Download RPP SD K13 Revisi 2018

Perencanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk silabus, Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru yang mengacu pada standard isi. dan kemudian melaksanakan pengajaran harus dilakukan penyediaan media dan alat peraga untuk memudahkan sisa melakukan pengajaran serta dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, perangkat penilaian penting juga untuk mengetahui keberhasilan siswa dan skenario pembelajaran.

Perangkat pembelajaran yang kami sediakan seperti:

1. Silabus

Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang harus disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu. komponen dari silabus antara lain kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator kompetensi, materi pembelajaran, waktu, penilaian, dan sumber belajar yang digunakan. manfaat yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah:

·         Bermanfaat sebagai hal yang utama sebagai sumber acuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.
·         Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan di tuangkan dalam RPP.
·         Pendidik lebih mudah dalam memetakan indikator pencapaian belajar yang harus dicapai siswa.
·         Pendidik lebih mudah dalam merancang bentuk penilaian dari setiap indikator yang mau dicapai.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP adalah wajib dibuat setelah memiliki silabus serta kewajiban di pegang oleh guru sebelum masuk melaksanakan pembelajaran. Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar. lingkup rencana pelaksanaan pembelajaran mencakup beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk satu pertemuan. rencana pelaksanaan pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar

3. Program Tahunan

Program Tahunan yaitu sebuah rencana untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan SK dan KD yang telah ditetapkan. penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik.

4. Program Semester

Promes pengajaran yang harus dicapai selama satu semester (6 bulan), selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh.

5. Jurnal Harian

Jurnal Harian adalah buku catatan harian pendidik jurnal ini sangat penting bagi guru untuk menjadi panduan mengajar dimana para pendidik dapat mengevaluasi dirinya apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapainya atau apa yang menjadi kekurangan .

6. Pemetaan

Pemetaan KI KD sangat berguna untuk mencapai target pembelajaran



Pengembangan Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru  dapat dilakukan oleh guru secara mandiri atau melalui KKG dari sekolah atau madrasah yang dalam hal ini merupakan hal yang dapat di koordinasikan ke kepala sekolah atau dinas pendidikan setempat.

Model Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru yang berkembang saat ini dalam kurikulum 2013 adalah rencana pembelajaran yang mengintegrasi penguatan karakter siswa, literasi, kompetensi pada abad 21, dan literasi HOTS, sehingga tujuan dari pendidikan dan harapan Kemendikbud RI bisa terealisasikan pada sekolah dasar pada khususnya dan sekolah seluruh indonesia pada umumnya.

Sesuai dengan Modul pelatihan K13 edisi revisi tahun 2018 Kemendikbud, Bahwa RPP ini memerlukan kemanpuan guru dalam memenuhi saran dan prasarana dalam proses belajar yang berkesan dan bisa menguatkan karakter peserta didik sekolah dasar.

Penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di harapkan tidak hanya dalam teks aja, namun nantinya dapat di aplikasikan dengan atau secara ilmiah dalam pembelajaran.

Ada Lima Nilai Karakter Yang Perlu Di Kuatkan Dalam RPP K13


Integritas : adalah karakter yang jujur, rendah hati, keteladanan, tangung jawab, komitmen, moral, cinta kebenaran, menepati janji dan anti Korup serta rendah hati.

Independensi: adalah karakter yang mandiri, percaya diri ( confident ) , rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif, cerdas, dan memiliki semangant belajar secara kontinuitas.

Religius : adalah beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, taat beribadah, menghayati lagu nasional dna daerah, cinta buatan indonesia, berkorban dan taat pada UUD.

Gontong Royong : adalah karakter yang suka membantu, bekerja sama, peduli pada sesama, toleransi, bersih dan rapi, kekeluargaan dan aktif dalam kegiatan masyarakat banyak serta peduli lingkungan.

Nasionalisme : adalah karakter yang cinta Indonesia, semangat kebangsaan, menghargai kebangsaan, cinta para pejuang, dan taat NKRI.

RPP Tematik  K13 SD


Pengutan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yang wajib ada pada RPP kurikulum 2013 adalah membacar ( literasi ), kemudian penguatan pendidikan karakter berbasis kelas adalah pemebelajaran tematik yang mengunakan kompetensi abad 21, seperti kemampaun berfikir kritis ( critical Thinking ), Kolaborasi ( collaboration ), Kreativitas ( Creativity ), dan Komunikasi ( communication ) serta kemanpuan dalam berfikir tingkat tinggi ( Higher order thinking skill ) HOTS.

Komponen Komponen RPP Tematik SD


a.    Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 bahwa komponen RPP K13 adalah sebagai berikut;
b.    Identitas sekolah/ madrasah, seperti nama satuan pendidikan
c.    Identitas mata pelajaran dan tema/subtema
d.    Kelas dan semester
e.    Materi pokok
f.     Alokasi waktu yang ditentukan sesuai keperluan unutk pencapaian KD dana beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam yang ada dalam silabus dan KD yang mesti di capai.
g.    Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD dengan mengunakan kata kerja ( verbs) yang bisa diamati dan diukur, yang mencakuo sikap, pengetahuan ( knowledge) dan keterampilan ( Skill ).
h.    Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
i.      Metode pembelajaran, digunakan pendidik untuk mewujudkan suasana belejar dan proses pemebelajaran agar siswa mencapai KD yang di sesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai.
j.      Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pemebelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
k.    Sumber, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar yang lain dan relevan.
l.      Langkah dan cara pemebelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
m.   Penilaian hasil pembelajaran.



Prinsip-prinsip penyusunan RPP Tematik K13


Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pertimbangan daya dukung, Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut di bawah ini;

1# Penguatan karakter siswa melalui PPK yang berbasis kelas, Berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat dengan literasi, kompetenesi abad 21, dan HOTS integrasi ini dapat dilakukan pada indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan, pendahuluan, inti, dan penutup.
2# Perbedaan indivudual siswa antara lain, kemampuan awal, tingkat integrasi, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang, etika, nilai dan kehidupan sosial siswa.
3# Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar anak, memotivasi, inspirasi, inovasi dan kreativitas.
4# Pengembangan budaya membaca dan menulis yang di susun dalam pengembangan kesukaan reading, pemahaman makna bacaan, dan melakukan hasil dari berabgai bacaannya.
5# Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP yang di muatkan program pemberian feed back yang positif, dan melalui remedial.
6# mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mapel lintas aspek kebutuhan dan kondisi budaya.
Penerapan teknologi yang baik dan terintegrasi, berkelanjutan dan efektif.

Bagaimana Cara Mendownloadnya?


Caranya adalah anda hanya menekan link “Download” di bawah dan langsung menyimpannya tanpa banyak iklan, File yang kami sediakan semunya dalam bentuk RAR, jika anda kesulitan membukanya maka anda hanya mengekstracknya maka dia akan terbuka, akan tetapi jika anda sudah memiliki aplikasi RAR pada laptop, maka dia akan terdownlaod dan terbuka secara otomatis .

Berikut di bawah ini kami sediakan link perangkat pembelajaran dapat di download secara gratis sesuai kebutuhan anda.
Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru

RPP Tematik Kelas 1 SD



·         RPP Kelas 1 Tema 1 ( Download )
·         RPP Kelas 1 Tema 2 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 3 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 4 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 5 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 6 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 7 (Download)
·         RPP Kelas 1 Tema 8 (Download)
·         Jurnal  (Download)
·         Silabus  (Download)
·         Pemetaan KD Semester 1 (Download)
·         Pemetaan KD semester 2 (Download)
·         Program Tahunan dan Program Semester  (Download Semua Sekaligus DISINI

RPP Tematik Kelas 2 SD


  • RPP Kelas 2 Tema 1 
  • RPP Kelas 2 Tema 2 
  • RPP Kelas 2 Tema 3 
  • RPP Kelas 2 Tema 4 
  • RPP Kelas 2 Tema 5 
  • RPP Kelas 2 Tema 6 
  • RPP Kelas 2 Tema 7 
  • RPP Kelas 2 Tema 8 
  • Jurnal  
  • Silabus  
  • Pemetaan KD Semester 1 
  • Pemetaan KD semester 2 
  • Program Tahunan dan Program Semester   ( Semuanya DOWNLOAD DISINI )

RPP Tematik Kelas 3 SD


  • RPP Kelas 3 Tema 1 
  • RPP Kelas 3 Tema 2 
  • RPP Kelas 3 Tema 3 
  • RPP Kelas 3 Tema 4 
  • RPP Kelas 3 Tema 5 
  • RPP Kelas 3 Tema 6 
  • RPP Kelas 3 Tema 7 
  • RPP Kelas 3 Tema 8 
  • Jurnal  
  • Silabus  
  • Pemetaan KD Semester 1 
  • Pemetaan KD semester 2 
  • Program Tahunan dan Program Semester   ( Semuanya DOWNLOAD DISINI )

RPP Tematik Kelas 4 SD

  • RPP Kelas 4 Tema 1 
  • RPP Kelas 4 Tema 2 
  • RPP Kelas 4 Tema 3 
  • RPP Kelas 4 Tema 4 
  • RPP Kelas 4 Tema 5 
  • RPP Kelas 4 Tema 6 
  • RPP Kelas 4 Tema 7 
  • RPP Kelas 4 Tema 8 
  • Jurnal  
  • Silabus  
  • Pemetaan KD Semester 1 
  • Pemetaan KD semester 2 
  • Program Tahunan dan Program Semester   ( Semuanya DOWNLOAD DISINI )

RPP Tematik Kelas 5 SD

  • RPP Kelas 5 Tema 1 
  • RPP Kelas 5 Tema 2 
  • RPP Kelas 5 Tema 3 
  • RPP Kelas 5 Tema 4 
  • RPP Kelas 5 Tema 5 
  • RPP Kelas 5 Tema 6 
  • RPP Kelas 5 Tema 7 
  • RPP Kelas 5 Tema 8 
  • Jurnal  
  • Silabus  
  • Pemetaan KD Semester 1 
  • Pemetaan KD semester 2 
  • Program Tahunan dan Program Semester   ( Semuanya DOWNLOAD DISINI )

RPP Tematik Kelas 6 SD

  • RPP Kelas 5 Tema 1 
  • RPP Kelas 5 Tema 2 
  • RPP Kelas 5 Tema 3 
  • RPP Kelas 5 Tema 4 
  • RPP Kelas 5 Tema 5 
  • RPP Kelas 5 Tema 6 
  • RPP Kelas 5 Tema 7 
  • RPP Kelas 5 Tema 8 
  • Jurnal  
  • Silabus  
  • Pemetaan KD Semester 1 
  • Pemetaan KD semester 2 
  • Program Tahunan dan Program Semester   ( Semuanya DOWNLOAD DISINI )



Akhir Kata
Dari sekumpulan perangkat Kumpulan RPP Tematik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Revisi Terbaru di atas yang kami bagikan semoga 8 dari 10 persen bisa menjadi acuan membuat dan melengkapi administrasi pembelajaran guru dalam kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan, dan jika artikel atau blog ini berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan guru maka kami sarankan untuk membagikan dan mengshare ke teman-teman yang membutuhkan atau teman-teman yang belum mengetahui alamat blog ini. Sehingga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi sesama manusia (Guru), yeah , minimal kita bersedekah dengan ilmu dan informasi jika belum bisa bersedekah dengan materi. Demikianlah dan semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru, Terimaksih
Open Comments