Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh - Bismillah,, selamat pagi semua pengunjung setia blog Milano-ruus yang semoga tetap dalam hidup yang harmonis dan fit dalam keseharian sehingga apapun yang sahabat Milano lakukan pasti maksimal jika kesehatan selalu dijaga. Dan besar doa kami semoga semuanya juga selalu dalam lindungan Allah SWT serta apa yang sahabat Milano lakukan hari ini menjadi asbab kita mendapatkan Ilmu yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat banyak pada umumnya.

Baiklah sahabat Milano pada kesempatan ini kita akan membagikan tentang Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh

Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini sebenarnya tidak bisa lepas 100% dari yang namanya stres dan bermasalah, karena hidup memang untuk bermasalah, maka jangan bilang anda manusia normal jika belum di pertemukan degan yang nama Mr, problem. Tapi ketahuilah masalah itu tidak mungkin diberikan ke kita melainkan kita sudah mampu untuk mengatasinya.

Banyak perasaan campur aduk pernah dirasakan seperti marah, frustrasi, kesepian, gelisah, pikiran tidak tenang, dan sejenisnya.


Selain itu banyak juga tekanan dalam hidup bisa menyebabkan stres. Bahkan sebuah fenomena yang aneh, terlalu serius bermain berpacaran juga bisa menyebabkan stres (karena frustasi diselingkuhi saat pacaran dan semacamnya), maka yang sedang-sedang aja.

Akan tetapi tidak banyak dari sahabat yang mampu meminalisirnya ketika stress sudah tingkat dewa yang dalam hal itu banyak terjadi dan menyebabkan orang mengambil alternatif dengan membunuh diri dan sebagainya.

Maka untuk menghindari hal hal itu disini kami sediakan teh hangat pencerah hidup yang dapat anda lakukan dalam kehidupan anda.

Langsung saja, berikut di bawah ini berbagai cara menghilangkan stres:

1. Analisa Apa Saja yang Membuat Anda Stres


Anda perlu merenungkan atau mencari tahu hal-hal yang memicu timbulnya stres pada diri Anda. Tuliskan hal-hal yang memicu rasa stres Anda, mulai dari hal terbesar ke terkecil.

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh


Dengan begitu, Anda telah memetakan berbagai hal yang mengganggu psikologis Anda, yang nantinya data tersebut sangat diperlukan dalam mengantisipasi stres.

Gunakan data / catatan tersebut dalam mengambil langkah apa saja yang diperlukan untuk menghindari dan melawan stres.

Letakan catatan “khusus” tersebut pada tempat yang mudah Anda jangkau.

Secara umum orang yang dalam kondisi stress merasa sangat tidak nyaman dan memiliki gangguan pikiran tertentu.

Beberapa hal yang umum menyebabkan stres yaitu tekanan pekerjaan yang menumpuk, masalah ekonomi, hubungan keluarga yang tidak harmonis, dan banyak lagi.

2. Segera Istirahat bila Stres Karena Lelah


Kondisi stres menyebabkan emosi dan fisik seseorang menjadi tidak stabil, sehingga jangan memaksakan bekerja ketika dalam kondisi demikian.

Dengan beristirahat (walaupun hanya sejenak), memberikan manfaat setidaknya untuk meredakan stres. Hal ini sangat penting, agar Anda terhindar dari kondisi stres dengan tingkat parah.

Istirahat sangat penting karena memberi pengaruh pada mood seseorang. Manfaat istirahat sangat terasa ketika seseorang melakukan kegiatan yang sangat melelahkan.

Dengan begitu, istirahat pada waktu yang dibutuhkan sangat penting, tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Adapun memaksakan diri bekerja tanpa beristirahat yang cukup, akan menyebabkan seseorang mudah marah, sulit konsentrasi, tidak sabaran, hingga akhirnya memicu stres yang parah.


3. Curhat serta Keluarkan Semua Unek-Unek


Jika Anda mengalami suatu permasalahan yang berat, maka usahakan untuk tidak memendam perasaan.


Hendaknya Anda mengeluarkan semua unek-unek Anda, carilah orang yang tepat dan bisa memberikan solusi dari masalah yang dihadapi.

Ingat! Pastikan Anda curhat pada orang yang bisa dipercaya, yaitu orang yang tidak menyebarkan privasi rahasia Anda.

Beritahukan pada teman curhat Anda tentang perasaan yang mengganggu Anda, hal ini sangat penting agar bisa membuat Anda lega, dan Anda bisa lebih terhindar dari stres.

Selain itu, di zaman sekarang sudah sangat berkembang dunia digital, Anda bisa memanfaatkannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengekspresikan diri melalui tulisan dapat membantu seseorang mengatasi situasi stres yang dihadapinya.

Penelitian juga menemukan bahwa mengungkapkan perasaan pada selembar kertas (juga termasuk tulisan secara digital) bisa mendinginkan otak dan membantu meredakan stres secara efektif.

Dengan begitu, jika Anda tidak menemukan orang yang cocok untuk diajak curat, setidaknya Anda mengekspresikan kondisi yang sedang Anda hadapi pada lembaran kertas ataupun di Microsoft Word.

4. Mandi dengan Air Hangat


Selain untuk membersihkan tubuh, mandi sangat ampuh sebagai terapi penenangan diri. Walaupun mandi telah dilakukan secara rutin, namun pada saat tertentu (dimana stres muncul secara mendadak) maka Anda bisa segera mandi, sehingga nantinya stres segera mereda.

Oleh karena itu, ketika pikiran sedang sumpek maka jangan malas untuk segera mandi. Dengan mandi, dijamin kondisi Anda akan membaik, Insya Allah.

Mandi dapat menghilangkan sisa debu, kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh, selain itu juga akan menyegarkan pikiran.

Saat tubuh terasa panas, gerah dan semacamnya maka akan memicu perasaan ingin marah-marah. Nah, mandi menjadi cara alami terbaik untuk meredakan perasaan negatif di dalam diri.

Selain itu, mandi air hangat di bathub juga menjadi pilihan yang bagus untuk merilekskan diri dan meredakan stres.

Anda bisa sesekali mandi berendam di air hangat ketika stres mendera. Tidak perlu lama-lama, sekitar 10 menit saja sudah cukup baik.

Tekanan pekerjaan dan padatnya jadwal di kantor menyebabkan timbulnya stres. Kondisi semakin diperparah dengan kemacetan dan polusi yang ditemukan setiap hari.

Jika kondisi tesebut menyebabkan timbulnya stres yang berat maka jangan ragu untuk segera mandi berendam di air hangat setelah pulang bekerja.

Berendam di air hangat akan merilekskan tubuh, dan pikiran akan terasa lebih segar. Selain itu, diharapkan dengan berendam di air hangat dapat mengatasi masalah insomnia.

Dimana insomnia (susah tidur) berkaitan dengan stres. Orang yang susah tidur maka pada siang harinya akan beresiko tinggi terkena stres.

Sehingga ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mandi air hangat.

5. Jangan Boros


Tidak jarang orang-orang terjatuh dalam kesalahan berupa mengikuti tren gaya hidup terkini secara membabi buta, sehingga menjadi sangat boros dalam membelanjakan keuangannya.

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh


Salah satu contohnya adalah membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Orang yang memiliki sifat boros umumnya juga memiliki sifat tidak pernah merasa cukup dan kurang bersyukur.

Rasa kurang bersyukur dengan apa yang telah dicapai inilah yang menyebabkan seseorang sering terkena stres. Yang seharusnya stres ini tidak perlu terjadi.

Terus-terusan merasa kurang seringkali menjadi sebab seseorang terkena stres. Dimana Ia akan frustasi ketika tujuannya tidak tercapai.

Uang yang dimilikinya telah habis, sementara masih banyak keinginannya yang belum terwujud.

Selain itu orang-orang juga sering menjadi stres dan frustasi akibat berhutang karena prilakunya yang boros. Pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan bisa menjadi penyebab stres.

Hal lainnya, orang yang boros akan terlalu sibuk mencari harta materi untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Berlebihan dalam bekerja juga akan memicu rasa stres.

Orang boros juga cenderung memiliki berbagai sifat negatif seperti sombong, iri hati, kikir, dan dengki, yang membuatnya semakin menderita karena sifat-sifat negatif tersebut.

loading...

6. Miliki Satu Kegiatan yang Anda Sukai


Coba merenung sebentar untuk mengingat-ingat tentang kegiatan yang Anda paling tertarik dengannya. Kalau sudah dapat maka ingat terus, catat saja jika khawatir lupa.

Melakukan hal yang dicintai atau disukai bisa sangat membantu dalam menghilangkan stres. Kalau bisa, kegiatan Anda tersebut dapat membuat tubuh dan pikiran rileks, dan lebih bagus lagi jika bermanfaat besar bagi kehidupan Anda.

Tapi jika kegiatan Anda hanya sebatas hobi juga tidak mengapa. Melakukan hobi sudah cukup untuk bisa mendapatakan suatu kesenangan dan menjadi hiburan tersendiri bagi jiwa dan pikiran.

Melakukan hobi membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Jika Anda suka bermain sepak bola, futsal, basket, voli, menunggang kuda, atau lainnya, maka itu sudah sangat bagus.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu membaca buku pengetahuan, belajar bahasa asing, belajar seni, belajar programming, fotografi, vlogger, melukis, menjahit dan banyak lagi.

7. Jalan-Jalan Sejenak Sembari Menghirup Udara Segar


Apabila Anda mengalami stres akibat pikiran yang sumpek dan jenuh, maka terapinya bisa dengan cara pergi keluar rumah (usahakan mencari tempat hijau) sembari menikmati udara di luar ruangan.

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh


Hal ini akan dapat secara cepat untuk menghilangkan rasa sumpek. Pergilah ke tempat dengan udara yang segar, lebih bagus lagi jika tempat tersebut memiliki pemandangan indah yang menenangkan jiwa.

Hal yang juga bagus adalah berjalan-jalan di pagi hari yang sejuk, namun terdapat sinar matahari pagi. Jika Anda memiliki waktu luang hedaknya melakukan hal ini, karena manfaatnya akan lebih menenangkan jiwa.

8. Olahraga Pagi


Poin ke-8 ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Olahraga hendaknya dilakukan pada pagi hari karena sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh.

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh


seorang peneliti bernama Tara Kraft dari University of Kansas menjelaskan bahwa senyum merupakan indikator kebahagiaan seseorang. Senyum sangat ampuh sebagai “obat alami” untuk stres, yang membuat seseorang tetap senang.

Penelitian oleh Kraft dan timnya tersebut diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, yang menyimpulkan bahwa senyum mampu meredakan stres.

"Jadi, jika Anda terjebak macet atau stres karena hal lainnya, cobalah menahan senyum beberapa saat saja," demikian saran salah satu tim peneliti, Sarah Pressman.

Secara umum, tersenyum akan dapat memperbaiki kondisi suasana hati dan membuat seseorang lebih tenang dan damai.

14. Jangan Menunda-Nunda Tugas atau Pekerjaan


Tidak jarang stres muncul akibat suka menunda-nunda pekerjaan yang akhirnya menumpuk. Jika Anda ingin selalu dalam keadaan tenang maka jangan sampai terjadi penumpukan pada tugas Anda.

Sifat suka menunda-nunda ini sangat berbahaya, pekerjaan yang menumpuk sehingga menyebabkan pekerjaan akan terasa memberatkan dan sulit, maka hasil pekerjaan pun menjadi tidak memuaskan. Hal-hal seperti inilah yang bisa memicu stres.

Mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru bisa memunculkan stres, disamping itu hasil pekerjaan yang tidak memuaskan akan semakin memperparah stres yang dialami.

Hendaknya setiap Anda memiliki kesempatan untuk mengerjakan suatu tugas, maka jangan menunda-tunda. Mengerjakan tugas di awal akan memuaskan hati, dan mencegah munculnya stres.

15. Minumlah Air Putih


Pada artikel berjudul Saat Stres Melanda, Perbanyak Minum Air Putih (Liputan6.com) menjelaskan tentang manfaat air putih yang penting sekali, dimana apabila Anda terserang stres maka hendaknya memperbanyak minum air putih.

Stres menyebabkan gangguan pada produksi beberapa hormon, termasuk hormon aldesterone yang berfungsi dalam pengaturan kadar cairan dalam tubuh.

Minimnya produksi hormon aldesterone menyebabkan resiko dehidrasi pada tubuh, yang dampaknya meningkatkan kadar kortisol pemicu stres.

Tingginya kadar kortisol juga memicu depresi dan gangguan mental lainnya. Dengan banyak minum air putih diharapkan dapat meredakan stres secara cepat, dan juga menghindari dehidrasi.

16. Mengunyah Permen Karet


Dari tulisan berjudul Kebiasaan Kunyah Permen Karet Bisa Hilangkan Stres (Liputan6.com), bahwa mengunyah permen karet sekarang tidak hanya untuk gaya-gayaan saja, dimana terdapat manfaatnya yang cukup penting.

Cara Sederhana Menghilangkan Stres Paling ampuh


Mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan rasa stres dan cemas. Dimana pada sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet setiap hari secara rutin selama dua minggu mampu menurunkan resiko kecemasan secara signifikan.

Tingkat kecemasan dan perasaan negatif lainnya hampir semua hilang secara bertahap hanya dengan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan mood dan menjadikan Anda lebih mudah tersenyum.

Selain itu, salah satu manfaat penting dari mengunyah permen karet yaitu dapat menurunkan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Studi menemukan bahwa kadar kortisol dapat berkurang saat air liur keluar bersamaan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga dapat memperlancar aliran darah pada otak. Bahkan studi menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin mengunyah permen karet mengalami peningkatan kemampuan daya ingat pada informasi.

Walaupun permen karet memiliki banyak manfaat, tapi ingat bahwa hindari terlalu sering mengunyah permen karet karena mengandung gula dan kurang baik bagi kesehatan rongga mulut.

17. Buatlah Secara Teratur Jadwal Harian


Pekerjaan menumpuk dan jadwal kerja yang berantakan mengakibatkan stres akan datang. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa mengatur kegiatan harian Anda dengan sebaik mungkin.

Kalau bisa tulislah jadwal kegiatan harian yang terpenting sehingga Anda tercegah dari melalaikannya. Pastikan Anda mampu mengatur waktu agar segala tugas penting bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Selain itu, hindari kesibukan berlebih yang dampaknya meningkatkan resiko stres. Pertimbangkan dengan matang mengenai pekerjaan-perkejaan yang bisa diselesaikan sesuai dengan kemampuan Anda.

18. Dekatkan Diri Pada Allah SWT.


Sebenarnya sahabat point 18 ini adalah point paling awal yang harus anda lakukan, kenapa saya taruh pada cara terakhir sebab saya tahu anda jauh lebih percaya dunia dari pada yang menciptakan dunia,  Ketahuilah segala hal dan masalah anda sebaiknya curhatkan pada yang maha memberikan masalah itu, karena DIA sudah tahu apa yang kita alami cuman kitanya aja yang kurang percaya bahkan lebih percaya sama psikolog, Nauzubillah. maka dari itu mari kita ubah mainset kita untuk bermunajat pada yang Maha Kuasa. dengan cara mendekatkan diri melalui bangun tengah malam dan berdoa, curhatkan apa yang anda alami padaNYA. InsyaAllah semuanya akan baik baik aja.


Demikianlah cara menghilangkan stress yang semoga bermanfaat dan segala kehidupan kita menjadi nyaman dan tenang. Sekian dan terimakasih.
Open Comments