Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan - Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang tidak bisa menghasilkan uang. selain ibu rumah tangga yang memiliki banyak keahlian aktivitas selain memasak, seorang ibu rumah tangga juga memiliki keahlian dalam berbisnis dan dapat menghasilkan uang tambahan seperti laki-laki.
 8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan
Jaman sekarang pria dan wanita sudah hampir sama dalam mencari nafkah, jika kita perhatikan banyak sekali rekan-rekan ibu rumah tangga yang berhasil dalam urusan ekonomi keluarga, seperti karir yang lebih cemerlang.

Berkarir di dunia kerja sambil mengurus keluarga memang menjadi tantangan bagi seorang ibu rumah tangga, lebih lagi ketika ibu memiliki anak yang masih kecil, Tak sedikit dari mereka ada yang memilih menjadi ibu rumah tangga yang hanya bekerja di rumah mengurus familnya dan tak sedikit juga dari mereka memilih untuk tetap bekerja dan menghasilkan uang. Untuk ibu yang sudah terbiasa beraktifitas dan mencari uang tentu itu akan menjadi hal yang berkarakter untuk terus bagaimana dalam seharian mendapatkan penghasilan, Ibu rumah tangga yang seperti ini akan terus mencari solusi untuk mendapatkan pekerjaan sambilan disamping mengisi waktu untuk anak dan keluarganya.

Sebagai ibu rumah tangga yang hebat dan ingin membantu perekonomian keluarga maka menjadi bisnis rumahan adalah pekerjaan yang tepat untuk digeluti. karena menjalankan usaha rumahan ini dapat anda lakukan tanpa harus jauh dari anak dan suami bahkan anda bisa melakukannya bersama dari rumah tanpa repot keluar.

Apa saja bisnis rumah tangga itu,? yuukk mari kita simak ulasan berikut ini

1#. Bisnis Camilan/Makanan

8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Bisnis makanan untuk ibu rumah tangga adalah usaha makanan yang mana ini merupakan bisnis kebutuhan manusia yang tak pernah mati selamanya. karena makanan adalah kebutuhan primer bagi manusia dan inilah kenapa peluang menjadi bisnis makanan itu tetap rami dan marketnya besar.

Untuk ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian dalam memasak dan senang membuat hal yang unik dalam dapur, maka peluang bisnis rumahan ini menjadi alternatif dan angin segar untuk ibunda, Bunda dapa menjual makan berupa nasi bungkus, sayur, gorengan, dan camilan yang memang di butuhkan sesuai minat dan keadaan status sosial di masyarakat bunda.

A. Makanan ringan ( Camilan )

8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Perlu diketahui bahwa di Indonesia sendiri mempunyai banyak macam kuliner khas, seperti gorengan, kue kering, kripik, bakwan, dan lain-lainya. kebiasaan orang Indonesia jika bertamu maupun berkegiatan selalu membeli makanan adalah menjadikan peluang usaha ini menjadi terbuka lebar dan dapat menjanjikan bunda dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

meskipun bisnis ini tergolong masih banyak saigan dan menjamur di setiap plosok kampung namun ketahuilah peluangnya tetap terbuka lebar dalam kehidupan orang indonesia, bunda bisa menjualnya dengan cara berkeliling kampung, atau membuat stand di depan rumah.

Dan perlu diketahui dalam dunia bisnis pada tahun pertama adalah orientasinya harus perkenalan (Prormoting ) dan tahap percobaan  yang dua tahun selanjutnya jadikan tahap pengembangan, dan dalam menjalankanya tentu banyak cobaan dan sebagainya sehingga anda perlu untuk belajar tahan cobaan dan selalu sabar.

Dalam Bisnis rumahan ini tergantung apa yang bunda jual, misalkan bunda menjaul roti basah, maka pastikan bunda dapat memasarkannya sampai habis hari itu atau paling tidak habis dalam 2 kali 24 jam.

Namun jika bisnis anda berupa kripik, maka anda bisa menjulanya hingga satu minggu lebih dan bunda bisa membuat lebih banyak porsinya dan tentu melalui volume frequensi aktifitas pembeli.

B. Usaha Warung Makan


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan


Bila dilingkungan anda berada di sekeliling perumahan dinas, atau pusat pendidikan maka peluang usaha makanan ini menjadi peluang besar bagi bunda. Biasanya para pekerja dinas dan pelajar akan lebih memilih makan diluar ketika jam siang maupun jam malam dan tentu warung anda akan menjadi rame oleh mereka.

Penghasilan dari setiap porsi yang di jual akan tinggi, bahkan menurut pengalaman penjual makanan, bahwa penghasilan dari menjual makan warung itu bisa mencapai 3 juta hingga 5 juta perharinya.

Dan untuk lebih memaksimalkan pembeli agar lebih nyaman dan gemar ke warung anda.

> Ciptakan pelayanan terbaik. Pelayanan merupakan hal yang utama dalam menyambut tamu,  jika pelayanan kurang maka walaupun masakan enak itu akan mengurangi trafik pengunjung anda, Usahakan murah senyum, ramah, friendly, cepat dalam melayani pelanggan , intinya jangan sampai ada yang kurang.

> Buat ciri khas tersendiri. Maksudnya bunda harus memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki pesaing bunda. Contoh disekeliling warung makan bunda mereka menyediakan makanan minuman air putih aja, Bunda harus lebih beda dari mereka, Seperti bisa menyediakan Minuman Teh dingin Gratis, Atau kerupuk gratis dan lokasi atau tempat juga harus di hias se-menarik mungkin untuk memikat pengunjung. ( Bisa pake bambu, kayu yang masih alami dll. )

2#.Bisnis Kerajinan Tangan


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian pada tangannya, Hal ini menjadi peluang besar bagi bunda, apalagi di lingkungan bunda terdapat tempat wisata dan daerah pariwisata.

Para mancanegara biasanya akan tertarik pada hand made yang unik dan menarik karena produk kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi di mata turis dan tentu ini akan menghasilkan uang banyak bagi anda.

Coba anda liat di bali ( Bedugul ) disana hampir di setiap pojok menjual barang-barang yang terbuat dari kerajinan tangan dan tak sedikit para tamu luar tertarik untuk membelinya, Termasuk saya pribadi tergoda membelinya. hehehe.

Lalu bagaimana jika lokasi saya jauh dari pusat wisata? Gampang bunda, bunda buat aja banyak, masalah pemasaran itu bisa bunda lakukan di media sosial, dengan berteman dengan orang luar, bisa juga bunda promosikan di teman yang memang lokasi rumahnya ada di tempat wisata, atau bunda minta tolong teman jualan ke tempat wisata dengan persetujuan bagi hasil. Gampang kan. Apa sih yang ndk bisa di jaman Cangih ini.

3#. Bisnis MLM Produk Kesehatan

8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan


Ketahuilah bahwa perempuan dan produk kecantikan dan kesehatan merupakan dua hal yang dapat di pisahkan dan itu menjadi kebutuhan bagi seorang wanita.

Menjual produk kesehatan dan kecantikan adalah peluang besar bagi bunda dan ibu rumah tangga yang tidak mau keluar rumah. Dalam menjual produk MLM ini memiliki banyak produk dan jenis yang dapat anda promosikan pada teman dan keluarga baik di media sosial atau di dunia offline.

4#. Bisnis Privat Kursus

8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Jika anda memiliki kelebihan dalam bidang tertentu misalnya ahli bahasa Inggris maka tak ada salahnya anda membuka kursus privat untuk beberapa orang dan beberapa bulan dan jadwalnya anda bisa atur saat  tidak sibuk mengurus keluarga. Jika anda juga seorang Dokter dan sudah mengantongi ijin praktik, maka ini bisa anda manfaatkan untuk berkarir di waktu luang anda dan peluang bisnis ini sangat menjanjikan karena hampir setiap hari ada saja orang yang sakit.

5#. Menjadi Perancang Pakaian


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan


Untuk ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam merancang busana, maka peluang bisnis ini cocok untuk anda yang selalu mengikuti trending masa kini.

Aktivitas passion dan maraknya kawin muda menjadi bisnis perancang pakaian ini merupakan peluang empuk bagi bunda.

Langkah yang pertama bunda lakukan adalah melakukan perancangan pakaian untuk wanita cantik dan ketika banyak orang melihat barang buatan anda maka orderan akan melunjak apalagi anda saham degan trend masa kini.

Untuk membuat rancangan dan desain yang bagus anda bisa browsing di internet tentang busana jaman now yang memang kebutuhan anak muda, Sebagai bahan inspirasi untuk bunda, silahkan cek di website perancang sukses dan berbagai banyak desain pengantin di dalamnya yang sesuai trend sekarang di alamat : www.payetgaunpesta.com.

6#. Bisnis Menjual Saham


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan


Bisnis yang satu ini memang cocok untuk ibu rumah tangga yang ada di lingkungan perkotaan dan status sosialnya menengah keatas. Jual beli saham ini sedang marak di kalangan ibu rumah tangga sebab menjual saham ini dapat menghasilkan uang banyak dalam waktu yang sangat singkat.

Sebelum anda menjual saham atau terjun pada bisnis ini maka sebaiknya anda pelajari dulu teknik dan caranya supaya anda paham betul dalam dunia menjual saham yang baik dan benar. Dalam menjual atau menjalankan bisnis ini anda tak perlu keluar rumah juga ia, aktifitas jualnya dapat bunda lakukan dengan online.

Pada kenyataanya bisnis jaul beli saham bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan bisnis yang sulit semua orang dapat mempelajarinya asalkan ada ketekunan dan kemauan.

Mentor yang cocok dari seorang ibu rumah tangga yang bergelut di bisnis jual beli saham adalah Mbak Ellen May. Dia sudah mampu mewakili karirnya sebagai investor saham sebagai trader pada tahun 2016. Meskipun Ellen pernah mengalami kerugian yang besar pada tahun 2008 dan sempat berhenti sejenak. Dan pada akhirnya dia bangun dan bangkit berhasil menjadi salah satu investor yang cukup terkenal di dunia bisnis jual beli Saham. Dan jika anda mau belajar pada beliau silahkan kunjungi aja websitenya di ; www.ellen-may.com dan twitter @Pakarsaham

7#. Menjadi Seorang Dekator Interior atau Desainer


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Jika anda memiliki skill dan basik di keterampilan dunia interior dan desainer, maka keahlian ini sebaiknya dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Seorang tidak memiliki keahlian dalam dunia interior ini maka akan sulit untuk memulai meski harus belajar dulu secara otodidak.  Bisnis ini yang salah satu dilakukan oleh ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian dalam mengatur interior sebuah rumah menjadi enak di pandang dan ada nilai seni yang di tampilkan.

Salah satu desainer interior yang sangat terkenal dari Amerika serikat adalah Dorothy Draper. Dia seorang perempuan ibu rumah tangga memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam dekorasi interior. Untuk lebih jelasnya silahkan cek langsung di websitenya; www.dorothydraper.com.

8#. Menjadi Seorang Penulis Online


8 Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Saya ingat dulu pada tahun 2014 saya pernah di ajak teman untuk menekuni blog, namun saya menolak dan terkesan mengabaikan ajakan tersebut, namun pada saat sekarang saya menyesal karena teman saya sudah menghasilkan $40/Hari, coba bayangkan jika saya mau menerima ajakan itu, mungkin sudah bisa beli mobil. hehehe.

Pekerjaan seorang blogger harus mulai dari hobi dan orientasinya adalah berbagi ilmu, menulis secara berkelanjutan, berpengetahuan luas dan rajin membaca.

Disamping keahlian writing. pada umumnya blogger juga mempunyai kesabaran dan ketekunan yang tinggi. katanya pekerjaan blogger tidak seperti profesi lainnya yang langsung di gaji selesai menulis. dan ketahuilah seorang blogger bisanya akan digaji dalam setahun baru kelihatan.


Pekerjaan online yang satu ini adalah sangat cocok untuk anda yang hobi menulis dan bisa 10 jari. Disamping itu, penghasilan dari pekerjaan ini lumayan menjanjikan jika dilakukan dengan hobi dan ketekunan yang serius.

Kemudian bagaimana cara mendapatkan klien? hahaha. pada kesempatan ini kami sudah menyediakan situs yang menyediakan jenis pekerjaan online ini. di antaranya;

  • Project.co.id
  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Freelancer.co.id
  • iWriter.com

Demikian tentang 8 bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang tinggal anda pilih sesuai kelebihan dan minat anda, pada kenyataan ada banyak bisnis dan peluang yang bisa di geluti dan itu tergantung dari lingkungan bunda. Intinya yang perlu di perhatikan seorang pembisnis adalah menjadi ibu rumah tangga yang profesional dalam mengelola keuangan dan rumah tangga. Oleh karena itu pilihlah bisnis yang tidak sampai mengganggu tugas pokok anda sebagai ibu rumah tangga.


Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk bunda.

Open Comments