Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Kumpulan Contoh Proposal Lengkap

Kumpulan Contoh Proposal Lengkap


Kumpulan Contoh Proposal Lengkap

Kumpulan Contoh Proposal Lengkap

Bismillah,, selamat pagi semua pengunjung setia blog Milano-ruus yang semoga tetap dalam hidup yang harmonis dan fit dalam keseharian sehingga apapun yang sahabat Milano lakukan pasti maksimal jika kesehatan selalu dijaga. Dan besar doa kami semoga semuanya juga selalu dalam lindungan Allah SWT serta apa yang sahabt Milano lakukan hari ini menjadi asbab kita mendapatkan Ilmu yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat banyak pada umumnya.

Baiklah sahabat Milano pada kesempatan ini kita akan membagikan tentang Kumpulan Contoh Proposal Lengkap untuk semuan kebutuhan mulai dari mahasiswa, pejabat, pembina sekolah, pondok, lembaga kemasyarakatan, kelompok, dll.

Proposal adalah pengajuan yang digunakan untuk memperkenalkan konsep, rencana atau blueprint dari salah satu proyek kepada yang berwenang memberikan proposal tersebut dan harapanya dapat memberikan persetujuan (bantuan).

Proposal digunakan oleh siapapun yang ingin mengajukan suatu konsep yang ingin rekan-rekan miliki pada orang yang berwenang, sebagai contoh investor, dosen, pemerintah, dll.

Adapun tujuan dari proposal itu sendiri adalah sangat bervariasi tergantung apa yang di anggarkan atau yang di programkan, seperti proposal proyek, proposal kucuran dana, mengajukan kerjasama, batuan alat untuk sekolah ( kumputer, prasarana, alat musik, RKB, Dll.) karena proposal itu bisa dalam bentuk pendidikan, event organisasi, bisnis, kepentingan sosial, dan banyak lagi. yang saya rasa rekan-rekan lebih tahu itu. hehe

Tips Membuat Proposal Yang Baik Dan Benar Sesuai Prosedur


Tips Membuat Proposal Yang Baik Dan Benar Sesuai Prosedur

Jika kita berbicara terkait proposal tentu kita akan berfikir ajuan kita itu akan mudah diACCkan oleh pemerintah tempat kita mengajukan, namun tidak sedikit dari teman-teman kita yang belum beruntung bahkan terkesan di abaikan proposalnya. Jika memang demikian masalahnya pada rekan-rekan maka berikut ini kami bagikan tips efektif agar proposal rekan-rekan mudah di terima.

>>1. Tulisan Yang Jelas Dan Singkat


Ketika rekan-rekan membuat proposal tentang rencana yang akan di laksanakan, maka usahakan jangan mengunakan bahasa yang sulit difahami oleh tetarget, gunakanlah bahasa yang jelas dan singkat.

Karena mereka barangkali belum menguasai apa yang rekan-rekan maksudkan pada isi dari proposal yang rekan-rekan buat, sehingga kejelasan dan kepadatan makna tujuan dari yang kita ajukan harus mudah dicerna oleh tertarget.

Caranya; Mulailah dengan latar belakang masalah, alasan dan rincian masalah serta di lengkapi dengan problem solvingnya dan berikan ide cerdas atas masalah itu.

>>2. Tonjolkan Kekurangan Dan Kelebihan Di Lapangan

Pada poin dua ini sangat penting untuk dipahami dan dijelaskan dengan singkat terkait kelebihan dan kekurangan di lapangan, sehingga mereka akan membuat perbandingan untuk memutuskan penerimaan proposal tersebut.

>>3. Jadilah Diri sendiri

Ketika rekan-rekan membuat proposal maka rekan-rekan harus menulis sesuai keadaan yang ada pada lingkungan atau kegiatan yang anda ajukan. Hal ini akan membuat tertarget lebih mudah untuk menerima proposal rekan-rekan yang dinilai hasil karya sendiri sehingga mau dibaca.

>>4. Don't Copy Paste

Banyak di internet menyediakan contoh proposal yang baik dan benar, akan tetapi rekan-rekan jangan asal print aja, usahakan untuk mengeditnya dengan bahasa rekan-rekan, dan menaruh poto yang real dari apa yang rekan-rekan alami. sehingga itu menunjukkan kreatifitas rekan-rekan dalam menyampaikan pendapat dan inspirasi.

>>5. Desain Sampul dengan menarik

Ada pepatah bilang. "sesuatu yang baik itu tergantung tampilan awalnya" sehingga meski isinya sedikit jelek namun ketika sampulnya bagus dan menarik maka orang akan melihatnya dan mau memegannya. dan biasanya sampul mengambarkan isi dari kualitas sesuatu.

Struktur Proposal Secara Umum


Strukture Proposal Secara Umum

Ketika anda belum punya referensi untuk membuat proposal maka alangkah baiknya rekan-rekan mengikuti struktur yang satu ini. dan ini sudah lazim digunakan baik untuk kepentingan sekolah, lembaga, pemerintahan sampai kegiatan-kegiatan sosial.

#1. Background


Background adalah hal yang sudah lazim anda dengar dan ini merupakan pokok dasar kita membuat proposal yang baik. dan perlu diketahui bahwa poin ini tujuannya untuk diselesaikan dan membuat persefsi pembaca dan penulis bahwa ada masalah yang sangat penting untuk diselesaikan.

Dan dalam background sendiri penting untuk dijabarkan masalah yang mampu mengetik pemikiran yang hati pembaca, sehingga para tertarget akan tertarik untuk melanjutkan bacaan ke bab-bab selanjutnya.

Rekan-rekan bisa memulainya dengan kalimat-kalimat yang logika dan real terkait masalah yang melatarbelakangi event atau kegiatan tersebut. Singkatnya, Make the best Impression.

#2. Tujuan/Solusi Yang Ditawarkan

Poin  ini adalah bagaimana anda menjabarkan rincian masalah hingga penyelesainya, apa tujuan dan misi dari proposal itu, bagaimana kedepan dan apa manfaatnya untuk anggota sampai manfaat ke masyarakat banyak.
Cara ini dapat rekan - rekan terapkan dengan metode yang relevan dan realistis, sehingga mudah di fahami dan dicerna tertarget.

#3. Konsep Aggaran

Selesai poin dua tadi di jabarkan maka anda perlu untuk mejelaskan rencana dan aktifitas kegiatan atau pengunaan dana yang diberikan oleh tertarget, Rincikan dengan detail, mulai dari bagaimana cara mengerjakannya, waktu pelaksanaan, durasi, dan hal hal yang akan terjadi di lapangan.

#4. RAB

Ketika anda membuat anggaran, usahakan rekan-rekan membuat sesuai kafasitas perusahaan yang dituju, sehingga kesan dari proposal yang kita ajukan menjadi balance dengan keuangan. Buat nama barang yang akan di beli, jumlah item, harga persatuan, jumlah harga hinggan total harga keseluruhan.

#5. Membuat SPJ

Ketika rekan-rekan sudah di berikan bantuan apapun bentuknya, baik berupa uang, barang atau jasa, maka rekan-rekan jangan lupa untuk membuat SPJ ( Laporan pertangung jawaban belanja) untuk memberikan kesan bahwa kita memang bekerja secara profesional dan admninistratif, serta di mereka kita akan lebih mudah untuk membuat proposal kedepannya dan besar peluang untuk diterima kembali, karena setiap kegiatan memiliki laporan kegitan atau laporan belanja kegiatan.

Kumpulan Contoh Proposal Lengkap Untuk Semua Kalangan


Kumpulan Contoh Proposal Lengkap Untuk Semua Kalangan

Ketika kita berbicara tentang proposal tentu kita akan berharap ia akan mudah diterima (diACCkan) namun tidak sedikit dari rekan-rekan mengalami kendala bahkan terkesan di abaikan proposal yang ajukan baik ke pemerintah sampai ke lembaga swasta. Jika memang demikian masalahnya maka di bawah ini kami menyediakan Kumpulan contoh proposal dalam bentuk Word dan tinggal mengeditnya dengan nama lembaga rekan-rekan. Selamat mendownload.


Kumpulan Contoh Proposal Lengkap

  • Contoh proposal Kegiatan Sekolah (Download)
  • Contoh proposal Bantuan Alat Komputer (Download)
  • Contoh Proposal Permohonan bantuan Mebel (Download)
  • Contoh Proposal Permohonan bantuan Alat Musik (Download)
  • Contoh Proposal Permohonan bantuan Komputer (Download)
  • Contoh Proposal bantuan Pengembangan Pondok Pesantren (Download)
  • Contoh Proposal Permohonan bantuan Perpustakaan (Download)
  • Contoh Proposal Sarana dan Prasarana (Download)
  • Contoh Proposal Permohonan Bantuan Untuk LKSA (Download )
  • Contoh Proposal Permohonan Bantuan Untuk Madrasah (Download )
  • Contoh Proposal Permohonan Bantuan Untuk SMP (Download )
  • Contoh Proposal Permohonan Bantuan Untuk Yayasan (Download )
  • Contoh Proposal Permohonan Bantuan Untuk Masjid (Download )
  • Contoh Proposal Bantuan Untuk Pondok Pesantren (Download )
  • Kumpulan Contoh-Contoh Cover Proposal (Download )

Demikianlah contoh proposal yang InsyaAllah lengkap sesuai kebutuhan rekan-rekan yang membutuhkan baik untuk lembaga maupun sekolah dan masyarakat banyak pada umumnya.
Besar harapan kami semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. selamat mencoba dan semoga semua proposal yang di ajukan langsung CAIR.. Aminnn.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Proposal Lengkap"