Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Obat Alami Batuk Kering

Obat Alami Batuk Kering

Obat Alami Batuk Kering


Obat Alami Batuk Kering

Batuk adalah salah satu jenis ganguan kesehatan yang terjadi pada saluran pernapasan, dan ini sering di jumpai banyak orang, termasuk saya pribadi dan tentu anda juga pernah mengalaminya, ayuukk jujur aja,, hehe just kidding, jika tidak pernah Alhamdulillah , Perlu kita ketahui bahwa batuk itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. batuk kering adalah jenis batuk yang biasanya tidak disertai dengan adanya lendir di dalam pangakal tenggorokan. sedangkan batuk dahak adalah jenis batuk yang disertai dengan lendir di dalam tenggorokan. dengan adanya lendir atau dahak tersebut anda akan merasa tidak nyaman dan terkadang jengkel dan sangat menganggu aktifitas kita.

Penyebab Terjadinya Batuk Kering

Ketahuilah bahwa batuk kering itu sendiri dapat di sebabkan oleh adanya beberapa faktor, di antaranya yaitu:

Virus

Beberapa jenis virus dapat menyebabakan terjadinya batuk kering. Pada umunya jenis virus yang mudah masuk kedalam tubuh manusia  yaitu virus flu. Virus flu itu sendiri dapat menyerang bagian hidung dan juga tenggorokan. jika flu  tersebut sudah menyerang tenggorokan maka akan muncul dahak atau lendir di dalam pangkalan tenggorokan.

Asam Lambung

Kadar asam lambung yang tinggi ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya batuk kering. hal tersebut terjadi karena penyakit refluks asam yang biasanya terjadi pada pagi hari.

Asap Rokok

Asap rokok yang telah masuk dalam saluran pernapasan dapat menyebabkan iritasi dan pada akhirnya juga akan muncul lendir atau dahak sebagai bentuk pertahanan tubuh.

Infeksi

Infeksi yang telah terjadi di dalam sistem pernafasan juga dapat menyebabkan timbulnya batuk kering. Beberapa jenis infeksi yang dimaksud yaitu pneumonia, TBC dan jenis penyakit paru paru lainya.

Tips Dan Cara Mengobati Batuk Kering

Setelah anda mengetahui faktor penyebab terjadinya batuk, selanjutnya and akan menambah tentang jenis obat serta cara mengobati batuk kering dengan bahan alami.

A. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat dapat membantu tubuh menjadi lebih hangat. Selain itu jahe ini juga dapat berkhasiat dapat mengatasi batuk yang sedang anda alami.

Untuk membuat ramuan herbal dari jahe dalam mengatasi batuk itu sangat mudah, karena jahe dapat and temukan dengan gampang di sekitar rumah atau bisa juga anda dapatkan di pasar.

Caranya adalah siapkan dulu jahe sebanyak satu rimpang , kemudian dicuci bersih dan di gerpek-gerpek dan diseduh mengunakan air hangat, jangan tambahkan bahan lain seperti gula dan lainya pada minuman atau ramaun tersebut, minumlah air jahe secara teratur setiap hari  dan rasakan sensasinya hangat dan lega pada tenggorokan.

B Kunyit

Secara ilmiah, jenis tanaman rimpang ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin dan juga mineral saja di dalamnya, akan tetapi banyak kandungan zat anti inflamasi sehingga dapat berfungsi sebagai anti septik bagi tubuh manusia.

Untuk membuat ramauan herbal dengan mengunakan kunyit dalam mengatasi batuk, Caranya adalah ambil kunyit secukupnya, kemudian seduh dengan 1 gelas air hangat, aduk sampai merata, setelah itu tunggu sampai dingin dulu dan anda bisa meminumnya langsung, minumlah ramuan ini minimal 2 kali sehari sampai batuk anda benar - benar hilang.

C. Jeruk Nipis

Jeruk nipis diketahui memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C yang tergolong sangat tinggi, dengan demikian dapat bermanfaat untuk menambah sistem imun tubuh. Selain itu buah jeruk nipis juga dapat membantu melarutkan lendir atau dahak agar mudah dikeluarkan.

Cara pengobatan mengunakan jeruk untuk mengobati batuk kering adalah siapakan jeruk nipis 3-4 biji.  Kemudian iris dan peraslah airnya lalu masukkan kedalam gelas air hangat. aduk sampai rata, setelah itu tunggu dingin dan siap untuk diminum, minumlah ramuan ini minimal 2 kali sehari hinga batuk anda sembuh.

D. Daun Sirih

Ini memang memiliki menfaat yang banyak sekali dan amat baik untuk kesehatan  tubuh manusia. secara alami dan aman.

Caranya membuat ramuan herbak dengan daun sirih yaitu, siapkan daun sirih secukupnya sekitar 5 lembar, tambahkan cengkeh , kapula, dan kayu manis, kemudian rebuslah secara bersamaa dengan mengunakan 2 gelas, tunggu sampai mendidih hingga airnya menyusut setenggah, setelah itu ambil airnya sebanyak 1 sendok makan dan komsumsilah secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai batuk anda betul-betul hilang.
E. Madu
Khasiat madu untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi, secara alami madu ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh adanya peradangan didalam tubuh anda. dengan mengkomsumsi madu sebanyak 1 - 2 sendok rutin setiap hari maka akan dapat bermanfaat dan juga berhasiat meredakan batuk kering maupun berdahak.

F. Daun Mint

Daun mint ternyata juga bermanfaat dan bisa membantu menyembuhkan batuk kering dan juga beberapa jenis infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan, hal tersebut  dikarenakan daun mint dapat memberikan relaksasi pada otot trakea dan juga otot ilea pada seluruh sistem pernapasan sehingga organ dapat bekerja dengan baik.

Cara mengunakannya adalah ambil beberap daun mint 10-15 daun kemudian masak dalam dua gelas dan biarkan sampai satu gelas kemudaian tunggu sampai hangat - hangat kuku, dan silahkan diminum, lakukan itu 2x sehari sampai batuk anda hilang.

G. Daun Kemangi

Daun kemangi tidak saja untuk lalapan, akan tetapi juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi batuk kering. cara mengunakannya adalah ambil daun kemangi secukupnya, lalu cuci hingga bersih dan rebuslah mengunakan air sebanyak 1 gelas. Biarkan sampai mendidih lalu ambil airnya dan minumlah secara rutin setiap hari maka sakit batuk kering anda akan sembuh total.

H. Bunga Blimbing Wuluh

Jenis obat herbal yang bisa anda pakai untuk meredakan batuk kering adalah bungga blimbing wuluh. Jenis obat ini bisa anda dapatkan dengan mudah di lingkungan anda. adapun cara merciknya adalah siapkan satu gengam bunga blimbing wuluh dan tambahkan gula bati secukupnya. kemudian rebuslah kedua bahan tersebut hingga mendidih dan tunggu dingin, saring airnya dan siap untuk diminum dalam keadaan hangat, lakukan itu 2x sehari sampai batuk anda benar-benar sembuh total.

Demikianlah artikel tentang cara mengobati batuk kering serta obat almi batuk kering yang bisa and bagikan ke kerabat sanak saudara anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 

Open Comments

Posting Komentar untuk "Obat Alami Batuk Kering"